Di Jepang Ada Kafe Dengan Robot Sebagai Barista

Kafe

Saat ini Jepang punya sebuah kafe robot baru. Di kafe baru tersebut, para pelanggan bisa menikmati kopi yang diseduh dan dilayani oleh seorang barista yang bukan manusia.

Seperti dilansir ABCNews.go, robot bernama Sawyer memulai debutnya pekan ini di Henna Cafe yang berada di kawasan bisnis dan perbelanjaan di Shibuya, Tokyo. Dalam bahasa Jepang, nama kafe tersebut berarti “kafe aneh”.

Robot dengan lengan tunggal itu akan memindai tiket yang dibeli dari mesin penjual otomatis dan menyapa pelanggannya. “Maukah kau minum kopi enak?”

Barista dengan layar yang menampakan sepasang mata kartun itu bertanya dengan nada datar. “Saya bisa membuatnya lebih baik dari orang-orang di sekitar sini.”

Robot tersebut kemudia langsung menggiling biji kopi, mengisi saringan, dan menuangkan air panas ke atas secangkir kertas untuk lima orang sekaligus. Secangkir kopi yang diseduh dalam hitungan menit itu dibandrol dengan harga 320 yen atau sekitar Rp 16 ribu.

Sawyer juga bisa menjalankan mesin otomatis untuk enam minuman panas lainnya seperti cappuccinohot chocolate, dan green tea latte.

Para pelanggan yang umumnya para pemuda sering kali mengambil foto dengan smartphone ketika mengantri.

Operator kafe, agen perjalanan H.I.S. Co, mengatakan bahwa robot bisa meningkatkan produktivitas sekaligus menghibur para pelanggan.

“Poin penting adalah meningkatkan produktivitas,” ujar general manager corporate planning di H.I.S. Masataka Tamaki.

Menurut Tamaki, hanya membutuhkan satu orang untuk mengawasi kafe robot tersebut, sementara kedai kopi umumnya membutuhkan banyak orang. Meski hanya sebuah robot, ia tetap bisa menyajikan kopi berkualitas lebih baik dengan harga yang pantas.

Tamaki mengatakan ini bukan hanya tentang efisiensi. “Kami ingin robot menjamu pelanggan sehingga tidak seperti membeli kopi di mesin penjual otomatis,” katanya.

Takeshi Yamamoto, seorang karyawan restoran berusia 68 tahun yang bekerja di kawasan tersebut, mengatakan bahwa pengalaman pertamanya dengan kafe robot sangat menyenangkan, dan kopi buatan barista robot itu pun terasa nikmat.

“Ini cukup lezat, dan rasanya sangat enak,” kata Yamamoto sambil menyesapnya. “Anda bisa mendapatkan kopi buatan mesin di toko serba ada juga, dan itu benar-benar enak. Tapi di kafe robot, saya lebih senang.”

Leave a Reply