Di Inggris, Berkendara Sambil Berkacamata Hitam Kena Denda Rp 47 Juta

Berkacamata Hitam

Selain menghalau sinar matahari, berkendara sambil mengenakan kacamata hitam bagi sebagian orang dapat meningkatkan penampilan.

Akan tetapi kondisi ini akan berbeda apabila dilakukan di Inggris. Pasalnya pengendara yang mengenakan kacamata hitam berisiko ditilang. Tak tanggung-tanggung, denda yang dikenakan dapat mencapai £2.500 atau Rp 47 jutaan seperti dilansir dari express.co.uk, Kamis (12/07/2018).

Berdasarkan aturan jalan raya di Inggris, pengendara yang pandangannya terganggu oleh sinar matahari diharuskan untuk memperlambat kecepatan, bahkan jika perlu berhenti.

Namun, tak semua pengendara yang mengenakan kacamata hitam akan ditilang, hanya yang mengenakan lensa dengan kategori empat saja berpotensi untuk didenda.

Ya, kacamata hitam memiliki tingkatan kemampuan dalam mereduksi sinar matahari. Adapun kacamata yang dilarang digunakan saat berkendara adalah kategori empat, dimana tipe ini hanya membiarkan 3-8 persen cahaya menembus lensa. Hal tersebut membuat kacamata hitam tersebut sangat tidak sesuai dipakai saat berkendara.

Sedangkan kacamata hitam yang cocok digunakan saat berkendara di siang hari adalah kategori dua. Soalnya spesifikasi kacamata ini mengizinkan cahaya masuk sebanyak 18-43 persen.

Leave a Reply