Di Inggris, Ada Menteri Yang Menangani Warga Kesepian

Menteri

Sebuah keunikan baru aja muncul di Inggris nih! Salah satu menteri mereka yakni Tracey Crouch yang merupakan anggota parlemen di Ministry of Sport and Civil Society ini baru aja punya tugas baru. Dilansir dari The Guardian, Tracey ditunjuk sebagai Menteri Kesepian pertama di dunia pada Januari 2018 lalu. DIrinya bakalan menangani angka depresi dan gangguan kesehatan akibat kesendirian.

Nah, ditetapkannya Menteri Kesepian di Inggris ini dikarenakan ada laporan dari Jo Cox Commission on Loneliness di tahun 2017 yang menyatakan kalau lebih dari 9 juta warga Inggris mengalami kesepian, huhu. Data ini juga nunjukin warga kurang mampu, pengangguran, penyandang difabel dan kaum migran yang tercatat sebagai kelompok yang rentan kesepian juga.

Anak muda juga nggak lepas dari kondisi kesepian. Menurut Office for National Statistics (ONS) mengatakan kalau penduduk Inggris usia 16-24 tahun tercatat lebih sering mengalami kesepian dibandingkan yang usia 65-74 tahun. Selain itu, gegara adanya teknologi dan internet juga memicu rasa kesepian, menyendiri dan mengisolasi dari lingkungan sekitarnya karena mereka lebih sering main gadget ketimbang kegiatan di luar rumah.

“Gadget memang menjadi solusi bagi generasi tua, karena dapat membuat mereka selalu terkoneksi dengan keluarganya,” ungkap Tracey, dikutip dari Time. “Kesepian adalah kenyataan yang begitu menyedihkan di dunia modern seperti sekarang saat ini,” imbuh Tracey.

Leave a Reply