Denuvo: Pakai Anti-Pembajakan Apapun, Semua Game Bisa Dibobol

Anti-Pembajakan

Dari dulu sampai sekarang, pembajakan game PC merupakan sebuah masalah besar. Berbagai trik anti-pembajakan telah diaplikasikan dari tahun ke tahun, dan semuanya selalu berakhir gagal dan pembajak selalu menemukan cara untuk membobol game yang dilindungi tersebut.

Denuvo, sebuah teknologi anti-bajak yang diklaim sebagai yang paling kompleks dan paling sulit ditembus, pada akhirnya juga selalu terbobol oleh para pembajak, meski dengan semakin seringnya game Denuvo dibajak, Denuvo seakan semakin sulit untuk ditembus kedepannya.

Elmar Fischer mengungkapkan bahwa meskipun game yang dilindungi sudah dibobol, mereka tetap sudah melakukan tugas mereka, yakni menahan game tersebut terbobol selama mungkin. Dirinya mengakui bahwa setiap game yang dilindungi Denuvo pasti akan terbobol suatu hari, tapi yang terpenting bukanlah membuat game tersebut mustahil untuk dibobol tetapi sulit untuk ditembus dan disebarkan versi gratisnya tepat di hari rilis.

“Game yang kami lindungi pasti akan dibobol nantinya; Tidak ada yang namanya produk yang tidak bisa dibobol. Akan tetapi yang kami lakukan adalah melindungi penjualan di hari-hari pertama game tersebut.” ujar Fischer.

Dengan menahan pembajakan selama mungkin, software anti-tamper mereka secara tidak langsung mendorong para gamer yang tidak sabar untuk membeli game secara legal. Dan setiap kali produk yang dilindungi terbobol, mereka akan langsung mengerjakan versi baru yang lebih sulit untuk ditembus, membuat setiap usaha para cracker hanya berkerja beberapa kali saja sebelum diperbarui lagi.

Meski proteksi mereka mengundang banyak kontroversi dalam beberapa tahun terakhir seperti pada Tekken, Rime, Sonic Mania, dan lain-lain, Denuvo percaya bahwa mereka sudah membawa dampak positif untuk setiap game yang mereka lindungi dengan klaim bahwa game yang tidak terbajak di hari rilis secara teknis akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan yang tanpa proteksi.

Leave a Reply