Dengan Suhu 9 Derajat Celcius, Inilah Kota Terdingin Di Indonesia

Kota Terdingin Di Indonesia

Tidak tahan dengan cuaca panas di kota mu? Kamu harus coba berkunjung ke wilayah paling dingin di Indonesia, yakni Kota Mulia. Kota ini berada pada area puncak Gunung Jaya Wijaya

Kota Mulia terletak di Papua, tepatnya berada di Puncak Gunung Jaya Wijaya. Kota Mulia terletak di ketinggian 2.448 m diatas permukaan laut. Tak hanya itu, kota terdingin di indonesia ini dikelilingi lembah Jaya Wijaya.

Berbeda dengan kota lainnya, suhu kota ini pada siang hari mencapai 15 derajat Celcius. Bisa dibayangkan seperti apa dinginnya saat malam hari? Konon pada malam hari suhu kota Mulia sampai 9 derajat celcius.

Di Kota Mulia hujan turun hampir di sepanjang tahun, hal ini semakin mendukungnya sebagai kota paling dingin. Buat kamu yang penasaran ingin mengunjungi kota Mulia tapi takut beku, jangan khawatir. Kamu juga bisa menikmati kehangatan di Hanoi yang merupakan rumah adat Papua.

Yup, rumah adat tanpa jendela ini bisa mengurangi suhu dingin. Selain rumah adat, di kota ini juga ada beberapa gedung bertingkat yang dibangun mengunakan tembok, tapi biasanya hanya dipakai untuk kantin.

Walaupun Kota Mulia termasuk kota kecil, namun untuk mendapatkan akses masuk kesana sangat mudah karena sudah ada fasilitas bandara. Dari Jayapura, kamu hanya perlu naik pesawat lagi sekitar satu jam untuk bisa sampai ke kota Mulia. Karena kecil, pesawat menuju kota Mulia hanya dapat menampugn 9 penumpang.

Selain menggunakan pesawat kecil, kota Mulia juga dapat dijangkau dengan jalur darat. Tapi perjalanan lewat darat memakan waktu sampai 16 jam dengan medan yang dipenuhi bebatuan dan jurang.

Kota mulia pada malam hari sangat sunyi, setelah melewati pukul 18.00 tidak ada warga yang boleh keluar rumah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari konflik antar-warga yang daerahnya berdekatan.

Leave a Reply