Chen EXO Diprotes Fans Karena Rasis Kepada Kulit Hitam

Chen EXO

Saat tampil dalam live streaming Saturdays Also with EXO-CBX belum lama ini, Chen EXO dianggap mengatakan sesuatu yang rasis. Alhasil hal tersebut menimbulkan perdebatan di antara penggemar EXO yang berasal dari berbagai belahan dunia dengan suku bangsa beragam.

Dilansir dari laman Koreaboo, saat Baekhyun mengoleskan lipstik berwarna gelap ke bibir Chen, pelantun lagu Best Luck tersebut diduga menyamakan dirinya dengan karakter utama film Roots (1977). “Ini bukannya Kunta Kinte?” ujar Chen.

Kunta Kinte adalah seorang anak Afrika yang dijadikan budak di Amerika. Karakter tersebut kemudian menjadi bagian dari budaya populer sebagai simbol pemberdayaan orang kulit hitam.

Sebenarnya di Korea Selatan ada makna ganda mengenai penggunaan kata Kunta Kinte. Sejak dulu orang yang memiliki bibir tebal dan berwarna hitam juga disebut Kunta Kinte.

Selain Kunta Kinte, Chen EXO juga diduga menyebut karakter rasis lainnya. “Aku mirip Michol?” tanyanya. Penyebutan Michol juga sangat sensitif karena sering digunakan untuk mengejek orang berkulit hitam. Pada 2017 silam TvN pernah dikecam karena mengubah Bomi APink menjadi karakter Michol.

Walaupun begitu, benar atau tidaknya Chen EXO menyebut Kunta Kinte dan Michol masih menjadi perdebatan. Sebab dalam terjemahan teks bahasa Inggris tertulis Chen berkata, “Bibirku terlihat terlalu tebal.” Namun beberapa fans merasa yakin mereka mendengar Chen menyebut dua karakter rasis tersebut.

“Benerkan Jongdae ngomong Kinta Kinte? Seseorang tolong yakinkan aku kalau yang aku dengar itu salah,” tulis salah satu fans. “Sederhana saja, orang akan mendengar apa yang dia mau dengar. Aku merasa kasihan sama mereka yang memikirkan hal-hal (rasis) seperti ini,” bela penggemar yang lain.

Leave a Reply