Chef Ternama Ini Ungkap 7 Kesalahan Saat Makan Makanan Jepang

Seperti halnya makanan khas Italia yang populer di mana-mana, begitu juga dengan makanan asli Jepang.

Tidak berlebihan rasanya jika mengatakan kuliner khas Jepang memang jadi salah satu makanan yang paling populer di dunia. Sebut saja seperti sushi, ramen, bento yang notabene hadir di berbagai penjuru dunia.

Kepopuleran akan makanan asli Jepang ini, sayangnya tidak dibarengi dengan etika makan yang tepat karena sebagian orang masih melakukan sederet kesalahan saat menyantap hidangan khas Jepang.

Lalu apa saja sih sebenarnya kesalahan tersebut? Melansir Independent, Rabu (17/1/2018) berikut ulasan perihal kesalahan terbesar saat makan makanan Jepang menurut para chef terkenal.

1. “Menenggelamkan” nigiri

Menenggelamkan nigiri di sini maksudnya, ialah terlalu banyak mencelupkan nigiri ke dalam kecap. Kesalahan ini disebutkan oleh Mark Edwards, sebagai Executive Head Chef di restoran Nobu London dan Nobu Berkeley, bisa membuat rasa ikan mentah segar yang lembut yang tersaji menjadi kalah dengan kecap. Sebab kecap digunakan bukan untuk melengkapi rasa dari nigiri itu sendiri. Cara yang tepat adalah, tidak membiarkan nasi meresap ke dalam soy sauce, dan cukup mencelupkan potongan ikan saja.

2. Menumpuk jahe di sushi

Acar jahe yang tersedia saat menyantap sushi, dimaksudkan untuk digunakan sebagai pembersih langit-langit mulut yang dimakan dengan ditempatkan di antara potongan ikan yang berbeda dan bukan dimakan sebagai hiasan di atas sepotong sushi. Cara yang tepat menurut Chef Matsuhisa dari Nobu Shoreditch, ialah misalnya setelah makan sepotong sushi dengan tuna, lalu ingin makan sushi dengan salmon, nah makanlah acar jahe tersebut untuk membersihkan mulut. Sehingga bisa mencoba potongan berikutnya tanpa bingung dengan rasa yang ada.

3. Makan ramen terlalu santun

Saat menyantap ramen, ternyata salah jika berusaha untuk makan dengan sikap yang sopan. Sebab disebutkan, dalam menyantap hidangan ramen, tidak perlu repot-repot berusaha bersikap sopan. “Saat makan ramen, sangat sopan untuk menghirup mi. Ini untuk menunjukkan rasa hormat kepada koki, dan ini juga membantu untuk mendinginkan mi sehingga tidak membakar mulut Anda, ” kata Shane Zhao, koki kepala di Issho, restoran otentik Jepang di Leeds.

4. Terlalu banyak memakai soy sauce

Dalam pemakaiannya, soy sauce disebutkan harus diperlakukan dengan hormat yakni denga cara sebaiknya tuangkan sebanyak yang hendak digunakan.

5. Mencampur wasabi dan soy sauce

Tahukah Anda bahwa mencampur wasabi dengan soy sauce saat makan sushi dianggap sebuah kesalahan besar dalam etika makan makanan Jepang? Sebab, soy sauce yang sudah banyak mengandung sodium jika dicampurkan dengan wasabi yang penuh akan bumbu, akan menghambat banyak rasa karena sushi adalah makanan yang sangat halus.

6. Makan sup miso pakai sendok

Siapa sangka ternyata makan sup miso menggunakan sendok dinilai sebagai suatu kesalahan menurut chef loh! Miso soup yang hadir dengan tekstur yang tidak sekental sup lainnya atau dengan kata lain tipis dan disajikan dengan mangkuk kecil, sebaiknya memang disantap dengan cara disesap langsung dari mangkuknya.

7. Makan sushi dingin

Menurut Andrew Kojima, chef asli Jepang yang juga pemilik restoran sekaligus salah satu finalis Masterchef menyebutkan, bahwa nasi sushi sejatinya dibuat agar bisa dimakan hangat dan lembut, bukannya keras dan dingin.

Leave a Reply