Cara Tepat Dan Sehat Dalam Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit memang bikin kesal dan membuat penampilan nggak enak dipandang. Mau disembunyikan dari pandangan juga sulit karena letaknya memang di depan. Di sisi kesehatan juga patut diwaspadai, karena perut buncit bisa jadi tanda kalau kamu tidak sehat.

Nah, bagaimana cara meratakan perut buncit secara alami? Tips berikut bisa kamu coba sendiri.

1. Ketahuilah apa penyebab perutmu makin buncit

Memakai baju yang lebar di bagian perut bukanlah solusi yang baik, karena kamu hanya akan memiliki percaya diri sesaat saja. Sebaliknya, tampilkan dirimu apa adanya, bercerminlah bagaimana bentuk tubuhmu yang sesungguhnya. Ukur lingkar pinggangmu apakah makin bertambah atau menyusut? Jika makin bertambah, berarti kamu harus ubah gaya hidupmu. Cobalah mengecek apakah kamu terlalu banyak duduk, mengemil, atau kurang olahraga. Jika perlu, cek kesehatanmu ke dokter apakah semua organ tubuhmu baik-baik saja.

2. Hindari makanan tinggi kalori

Mulai sekarang batasi makan makanan yang tinggi kalori seperti junk food, es krim, keripik kentang, gorengan. Juga makanan yang mengandung pengawet, pemanis buatan dan yang mengandung soda.

3. Konsumsi kacang-kacangan minimal 2 kali seminggu

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat serta rendah lemak dan bisa membuat kenyang lebih lama. Berdasarkan penelitian di luar negeri, orang yang terbiasa mengkonsumsi kacang-kacangan minimal dua kali seminggu memiliki kemungkinan kenaikan berat badan lebih kecil.

4. Hindari minuman beralkohol

Tahukah kamu bahwa minuman beralkohol ini ternyata meningkatkan nafsu makan, lho! Selain itu, bisa meningkatkan hormon esterogen yang bisa menambah lemak dan menghambat pertumbuhan otot. Jadi mulai sekarang hindari minuman yang mengandung alkohol tinggi.

5. Cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi dan salah satu antioksidan yang berguna bagi tubuh. Mampu melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat. Minumlah perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat satu jam sebelum makan dan sebelum tidur.

6. Duduklah dengan tegak

Berdiri dan duduk secara tegak akan menjaga otot perut tetap kencang. Sebaliknya jika membungkuk maka membuat perut akan makin terlihat buncit bahkan berlipat. Mulai sekarang kamu harus mengubah kebiasaanmu berdiri atau duduk dengan tegak, ya!

7. Bersahabat dengan makanan yang kaya akan potasium

Mulailah mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti alpukat, pisang, pepaya, mangga dan yogurt. Potasium dapat membantu mengurangi simpanan udara dan meratakan perut buncit.

8. Makanlah lebih sering dalam porsi yang kecil

Jika selama ini kamu terbiasa makan tiga kali sehari, cobalah sekarang makan lebih sering dalam dua atau tiga jam sekali, namun dengan porsi yang sedikit dan jangan melewatkan sarapan. Makan dengan cara seperti ini akan membantu metabolisme tubuh jadi lebih cepat.

9. Banyak minum air putih

Cobalah kamu minum air putih sebelum makan. Penelitian menemukan bahwa air putih berperan dalam usaha penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan air akan membantu kamu merasa kenyang dan hasilnya kamu akan mengkonsumsi kalori jadi lebih sedikit. Dengan demikian berat badanpun akan turun.

10. Tidur yang cukup

Apakah kamu tidur kurang dari 7 jam sehari? Kalau begitu, ubahlah kebiasaanmu mulai sekarang. Secara teori, tubuh kita akan menghasilkan dua hormon yang mengatur nafsu makan, yaitu leptin dan grehlin. Leptin adalah hormon protein yang diproduksi jaringan lemak dan berfungsi mengendalikan cadangan lemak. Sementara grehlin membuat nafsu makan bertambah sehingga metabolisme tubuh melambat. Jika tubuh kurang tidur, maka akan mengurangi produksi leptin 18 persen dan menambah grehlin 28 persen.

Leave a Reply