Butuh Jam Terbang Tinggi Untuk Menguasai 5 Hero DotA 2 Ini

DotA 2

DotA 2 memang tergolong game MOBA dan Action Real Time Strategy yang sangat sulit dimainkan. Karena kontrol ARTS yang memadukan point and click ini, pemain harus bisa mengontrol satu Hero dengan pembawaan yang agak rumit dengan mengkombinasikan mouse dan keyboard. Beberapa Hero memang terkenal bersahabat dan mudah untuk dikontrol namun ada juga yang sangat sulit dimainkan dan butuh pengalaman bertahun untuk bisa menguasai hero tersebut.

1. Invoker

Tokoh penyihir kuat yang jadi Hero unggulan di DotA 2 ini memang terkenal sangat sulit dimainkan. Dia punya mekanisme unik untuk bisa ‘menciptakan’ sihir. Jika biasanya Hero di DotA 2 punya sekitar 4 kemampuan, Invoker punya 14 skill yang bisa ia keluarkan. Empat kemampuan utamanya adalah sihir unik di mana ia mengkombinasikan tiga partikel dengan satu ultimate Invoke yang akan membuat Invoker menciptakan sihir sesuai dengan tiga partikel yang ia mainkan.

Ada 9 kombinasi yang bisa diciptakan dari 3 partikel Quas, Wex, Exort yang Invoker miliki dan masing-masing mendefinisikan gaya bermain tertentu. Quas meningkatkan regenerasi HP, Wex meningkatkan kecepatan bergerak dan serangan, serta Exort meningkatkan damage serangan. Ini akan membuat kombinasi sihir yang muncul dari masing-masing partikel unik; Quas akan menghasilkan sihir disabler, Wex akan merugikan musuh dengan mana burn dan sihir yang memiliki jarak sedangkan Exort menghasilkan sihir yang bersifat nuker.

2. Tinker

Dengan kemampuan ultimate Rearm, Tinker bisa melakukan refresh dari setiap kemampuan maupun Item yang ia miliki. Ini berarti Tinker bisa dengan sangat cepat melakukan nuke dengan melakukan sihir bertubi-tubi. Tinker sangat sulit dimainkan karena pemain harus mampu mengatur sihir dan item serta melakukan refresh dan mengulanginya.

Pemain harus bisa mengkombinasikan skill dan Rearm dan karenanya, pemain Tinker harus punya jari yang sangat lentik. Tinker punya item meta seperti Boots of Travel dan Blink Dagger yang membuatnya bisa bolak-balik Fountain dan bersembunyi. Ini membuat pemain Tinker harus punya kecermatan untuk bisa mengolah gaya bermain yang sangat sulit karena sekali ditangkap, Tinker enggak bisa tertolong untuk kabur.

3. Chen

Selain hero inti, ada juga hero Support yang sangat sulit dimainkan yakni Chen. Dengan kemampuan Holy Persuassion yang ia miliki, Chen bisa mengajak creep hutan untuk menjadi minionnya. Ini membuat Chen harus bisa mengontrol ‘anak-anak’ yang ia miliki dengan kemampuan uniknya masing-masing. Setiap creep hutan memiliki kemampuan unik untuk bisa melakukan stun atau damage yang cukup untuk bisa melakukan push.

Seorang yang sudah ahli memainkan Chen akan bisa melakukan crowd control yang sangat rumit. Ia harus bisa mengganti kontrol antara Chen dan anak-anak yang ia miliki dan juga mengatur waktu ganking. Meski kemampuan Chen sangat pasif dan bisa dibilang enggak akan mungkin membunuh seseorang, Chen bisa menjadi kunci kemenangan ketika ia bisa melemahkan hero di early game dan mengatur ritme serangan menuju akhir game.

4. Arc Warden

Dengan kemampuan unik untuk bisa membuat ilusi yang punya keistimewaan untuk menggunakan skill dan item, Arc Warden jadi salah satu hero yang sangat rumit untuk bisa digunakan. Dengan Tempest Double yang ia miliki, Arc Warden bisa menggunakan dua spell secara berdekatan, begitu pula dengan item yang ia miliki.

Bantuan Hand of Midas bisa membuat Arc Warden mendapatkan keuntungan mengumpulkan sekitar 300 gold setiap 90 detik sekali. Ini akan membuat Arc Warden sangat mudah melakukan farming menuju pertengahan game dan mengumpulkan banyak uang untuk bisa membeli item berguna lain di late game. Dengan mengontrol Tempest of Double, pemain Arc Warden akan merasa mengendalikan dua hero sekaligus dan karenanya terasa sangat sulit.

5. Meepo

Jika main Arc Warden serasa mengendalikan dua hero sekaligus, maka bermain Meepo akan terasa lebih rumit karena memainkan hero ini terasa seperti main 5 hero sekaligus! Dengan ultimate Divided We Stand, Meepo akan langsung meraih satu unit baru yang bukan berupa ilusi. Menuju level 25, Meepo akan tiga kali meng-upgrade ultimatenya dan berarti ia akan bermain sebagai 4 Meepo dan jika ditambah Aghanim Scepter, kita akan memainkan 5 Meepo sekaligus.

Meepo yang menjadi induk atau yang kita mainkan dari awal game akan mampu menggunakan item sedangkan Meepo yang lain enggak punya item tambahan alias hanya bisa melakukan skill dan mendapatkan tambahan movement speed dari sepatu yang dipakai Meepo utama. Gaya bermain Meepo hanya akan bertumpu pada kombinasi poof yang bisa melakukan damage dan membuat Meepo bisa berpindah tempat satu sama lain.

Leave a Reply