Bus Wisata Air di Palembang Siap Bawa Anda Kelilingi Sungai Musi

Bus Wisata Air

Kemenhub telah mengirimkan 5 kapal untuk digunakan sebagai wisata air di Sungai Musi, Kota Palembang. Kapal ‘Bus Wisata Air’ ini dipastikan akan beroperasi sebelum Asian Games berlangsung.

“Beberapa waktu yang lalu Pak Wali Kota (Harnojoyo) telah berkomunikasi dengan Menhub mengenai bantuan kapal atau bus air untuk menunjang pariwisata. Bersyukur hari ini sudah sampai Palembang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Palembang, Kurniawan, Selasa (10/7/2018).

Dikatakan Kuniawan, bus wisata air yang telah disepekati dan akan diterima Pemkot Palembang adalah 5 unit. Namun, saat ini baru ada 4 unit yang tiba dan bersandar di dermaga Kertapatih untuk dilakukan uji coba dan beroperasi sementara.

Setiap kapal akan memiliki kapasitas 20 penumpang, dan kapal ini diketahui memiliki spesifikasi yang baik karena memiliki mesin ganda mencapai 500 PK. Bahkan tersedia fasilitas cukup lengkap berupa AC dan GPS. Termasuk interior di dalam ruangan cukup indah.

“Spesifikasinya saya rasa sudah cukup baik, apakah itu mesinnya atau fasilitas pendukung lain. Bus ini siap beroperasi sebelum Asian Games untuk membawa atlet dan official yang ingin menikmati destinasi wisata di Sungai Musi,” kata Kurniawan.

Sebelum bus wisata air datang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan saat ini pemkot akan membangun 3 dermaga wisata di tepian Sungai Musi. Ketiga dermaga itu akan ada di Pulau Kemaro, Kampung Arab 13 Ilir dan Benteng Kuto Besak (BKB).

“Untuk di Palembang sebenarnya sudah ada sekitar 8 dermaga, namun itu bukan standar dermaga wisata karena hanya bisa menampung speedboat dan perahu kecil saja. Sedangkan untuk 3 dermaga yang akan dibangun, kita sudah sediakan sekitar Rp 3 miliar,” ujar Isnaini.

Untuk diketahui, Palembang adalah pusat kota yang dibelah oleh Sungai Musi. Keberadaan Sungai Musi ini sudah menjadi ikon Kota Palembang selain pempek dan Jembatan Ampera yang menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada sangat banyak destinasi wista di tepian Sungai Musi yang belum terkelola dengan baik karena terbatasnya transportasi air. Mulai dari Pulau Kemaro, Kampung Baba Boendjit, Sungai Sekanak, Kampung Mural, Jembatan Ampera, BKB hingga ke Kampung Kapitan.

Leave a Reply