Bukan Cuma Thailand, Indonesia Juga Punya 6 Kuliner Ekstrem Ini

Kamu yang hobi berwisata ke daerah-daerah di Indonesia, jangan hanya mencari kue-kue kekinian. Sebab, beberapa daerah di Nusantara menyediakan wisata kuliner yang menantang nyali.

Makanan dari serangga hingga hewan melata, mungkin kedengarannya menjijikkan. Tapi, kuliner ekstrem tersebut dikatakan menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Tikus Panggang Minahasa

Tikus Panggang Minahasa
Tikus Panggang Minahasa

Tikus panggang sama enaknya dengan ayam panggang. Begitulah kesan orang asli Minahasa, Sulawesi Utara jika ditanya pendapatnya tentang kuliner khas daerahnya.

Jangan negative thinking dulu! Tikus-tikus yang dipanggang ini bukan tikus rumah atau tikus got. Tikus panggang ala Minahasa adalah tikus hutan. Jenis tikus ini tidak makan sampah, jadi masyarakat Minahasa menganggap tikus ini bersih.

Instagram @letstravelpromoa.012 menjelaskan, tikus ini hanya dibumbui mentega dan dipanggang utuh bersama ekornya. Hal itu untuk meyakinkan pembeli bahwa tikus yang dijual adalah tikus ekor putih yang asli dari hutan.

Belalang Goreng Gunung Kidul

Belalang Goreng Gunung Kidul
Belalang Goreng Gunung Kidul

Sajian belalang goreng menjadi kudapan favorit orang-orang yang tinggal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Akun Instagram @letstravelpromoa.012 menerangkan, rasa belalang goreng ini gurih dan renyah. Selain enak, belalang goreng mengandung kadar protein tinggi.

Sate Landak Klaten

Sate Landak Klaten
Sate Landak Klaten

Bentuknya memang seperti sate ayam atau sate daging biasa. Yang membedakan adalah bahan dagingnya dari landak. Hanya di Klaten, hewan yang berbulu tajam itu diolah dengqn bumbu rica-rica dan dibakar menjadi sate. Seperti apa ya rasanya?

Paniki Santan Manado

Paniki Santan Manado
Paniki Santan Manado

Paniki adalah makanan khas Manado yang dibuat dari daging kelelawar. Daging mamalia satu ini diolah dengan kuah santan dan dicampur dengan bumbu aneka rempah. Sama seperti tikus panggang, Paniki banyak ditemui di Pasar Tomohon. Seperti juga beragam kuliner ektrem khasnya, mulai dari ular, buaya, anjing, kucing, darah babi, dan masih banyak lagi.

Sabeta Jailolo

Sabeta Jailolo
Sabeta Jailolo

Dikutip dari@jktfooddestination, Sabeta adalan makanan khas berupa sate dari ulat sagu. Makanan ini adalah kuliner khas dari Jailolo, Maluku Utara. Ulat ini dapat ditemukan di pohon sagu dan pohon kelapa yang mengandung protein tinggi.

Rujak Cingur Surabaya

Rujak Cingur Surabaya
Rujak Cingur Surabaya

Rujak cingur khas Surabaya tampilannya penuh bumbu petis hitam dan kelihatan kurang menggiurkan. Uniknya, di balik limpahan sayur dalam rujak terselip cingur alias hidung sapi yang dikukus kemudian dipotong-potong kecil.

Leave a Reply