Bos Square Enix Berikan Nasihat Untuk Developer Lain Terkait Loot Box

Bos Square Enix

Dikecam sekaligus mulai diterima, fenomena loot box dalam dunia game AAA saat ini memang sudah terlanjur meluas dan menjadi sesuatu yang sudah mulai dimaklumi oleh sebagian besar gamer.

Namun, dengan di terapkannya sistem ini tentunya akan sangat menguntungkan developer game karena mereka bisa mendapat lebih banyak uang dari loot box daripada menjual item tersebut secara langsung. Namun di sisi lain, hal ini dianggap scam bagi para gamer karena mereka dapat mengeluarkan uang lebih dari harga item yang kamu ingin dan dapatkan.

Para publisher dan developer game di seluruh game di dunia pun saat ini masih menaruh perhatian terhadap fenomena loot box ini. Ada sebagian yang setuju dengan sistem ini dan menganggap hal ini sama sekali tidak merugikan para pemain, sebagian lagi secara tegas menolak menerapkan sistem ini karena dianggap tidak adil.

Bos Square Enix, Hajime Tabata akhirnya ikut serta memberikan pendapatnya mengenai loot box. Dalam wawancaranya dengan Official Xbox Magazine UK, ia mengatakan bahwa tidak menentang sistem loot box tersebut, namun ia memperingatkan bahwa para pengembang pembuat loot box agar berhati-hati untuk tidak merusak hubungan mereka dengan para gamer.

Hal tersebut tentunya sudah biasa kerena sistem loot box sendiri sebenarnya bisa sama-sama menguntungkan bagi gamer dan publisher selama para pembuat loot box sendiri berlaku fair terhadap gamer yang telah mengeluarkan uang lebih untuk hal itu. Baik dalam sisi item-item dalam box maupun kegunaan dari item yang berada dalam loot box itu sendiri.

Loot box yang berisikan item setara tentunya akan terasa sangat lebih adil daripada yang memiliki beberapa item dengan grade ataupun kelangkaan berbeda. Apalagi bila para publisher dan pengembang tersebut mengeksploitasinya dimana item tersebut berpengaruh ke dalam game dan hanya bisa didapatkan dari loot box tertentu.

Square Enix sendiri sebelumnya sudah menyatakan bahwa mereka tidak akan mengaplikasikan microtransaction dalam bentuk apapun ke dalam game single player mereka.

Lantas, apakah hal ini memberi sinyal bahwa mereka mulai mempertimbangkan sistem loot box, mungkin memang bukan untuk game single player mereka namun bisa saja ke dalam project masa datang mereka yang berfokus pada multiplayer. Atau Square Enix hanya memberikan nasihat kepada para developer yang cenderung lupa batas dalam mengeksploitasi sistem loot box tersebut.

Leave a Reply