Biaya Pernikahan Pangeran Harry Dan Meghan Markle Diprediksi Senilai Rp 606 Miliar

Meghan Markle

Masyarakat di seluruh dunia tengah menantikan royal wedding antara Pangeran Harry dan Meghan Markle yang kurang dari 100 jam lagi.

Semua ingin jadi saksi mata bagaimana kedua pasangan ini mengikat janji sucinya di pelaminan. Dikatakan royal wedding, karena pernikahan ini terjadi di anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Segala hal telah dipersiapkan, mulai dari tempat berlangsungnya acara, kereta kencana yang mengangkut keduanya, hingga gaun pengantin yang digunakan Meghan Markle — meski masih dirahasiakan.

Meski demikian, di lain sisi, masyarakat tentu penasaran berapa biaya yang dihabiskan untuk sebuah pernikahan “negeri dongeng” tersebut.

Menurut Aimee Dunne, seorang perancang pernikahan di Inggris, biaya yang dihabiskan rata-rata orang biasa di negeri tersebut mencapai 27 ribu pound sterling (Rp 513 juta).

Namun, untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Aimee Dunne memperkirakan biaya yang akan dihabiskan mencapai 2 juta pound sterling atau setara dengan Rp 38 miliar.

Biaya tersebut belum termasuk upaya pengamanan super ketat yang bisa mencapai 30 juta pound sterling (Rp 568 miliar).

Seperti dikutip dari laman CNBC.com, Kamis (17/5/2018), berikut rincian terkait pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Makanan dan Minuman: Rp 9,5 Miliar

Akan ada 600 tamu undangan yang hadir dalam pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Belum lagi undangan yang dibuka untuk publik sekitar 2.640 orang.

Pihak istana pun akan menyiapkan makan siang dan makan malam yang menghabiskan total sebesar US$ 680 ribu atau setara dengan Rp 9,5 miliar.

Hidangan yang disajikan sangat berkelas. Mulai dari makanan pembuka, inti, dan penutup.

Pihak istana tidak perlu membayar sewa St George’s Chapel. Jadi tak ada biaya yang semestinya dikeluarkan untuk akomodasi tempat berlangsungnya pernikahan.

Namun, ada desas-desus bahwa pihak istana akan membangun rumah kaca senilai Rp 5,6 miliar untuk resepsi. Biaya ini tentu terbilang sangat besar.

Gaun: Rp 3,7 Miliar

Meski masih menjadi rahasia, rencananya Meghan Markle akan mengenakan gaun dari perancang terkenal Ralph & Russo — desainer yang pernah membuat gaun untuk sejumlah artis seperti Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, dan Beyonce.

Biasanya, rata-rata biaya pembuatan gaun karya Ralph & Russo mencapai US$ 135 ribu (Rp 1,8 miliar).

Namun, Aimee Dunne memprediksi biaya gaun pernikahan untuk Meghan melebihi angka itu. Ia memprediksi biaya yang dikeluarkan akan menyentuh angka Rp 3,7 miliar.

Bunga: Rp 1,8 Miliar

Mengingat lokasi St George’s Chapel sangat luas, maka diperlukan bunga dalam jumlah yang banyak.

Bunga-bunga untuk dekorasi ini bisa menyentuh angka Rp 1,8 miliar.

Biaya Lain-Lain: Sisa Anggaran

Setelah semua keperluan telah dikeluarkan, maka ada biaya-biaya kecil lainnya mulai dari masalah hiburan.

Menurut pernyataan dari pihak Kerajaan Inggris, grup musik arahan James Vivian akan dihadirkan dalam pernikahan tersebut. Termasuk tim paduan suara dari St George’s Chapel dan musisi solo lainnya.

Sejauh ini, Karen Gibson dan seorang pemain cello berusia 19 tahun telah dikonfirmasi akan hadir dalam pernikahan. Ada pula rumor yang menyebut bahwa akan hadir sederet bintang lain, seperti Elton John, Spice Girls, Ed Sheeran, dan Adele.

Biaya Keamanan: Rp 571 Miliar

Pada tahun 2011, kala Pangeran Harry dan Kate Middleton melangsungkan acara pernikahan, biaya keamanan yang digelontorkan mencapai Rp 379 miliar.

Sama halnya dengan pernikahan sang adik, kabarnya biaya keamanan tahun ini menyentuh Rp 571 miliar.

Biaya keamanan itu mulai dari penembak jitu, sistem kontra-UAV atau penangkal pesawat tanpa awak (drone). Ditambah lagi dengan biaya satuan polisi.

Sebagian besar, biaya yang dikeluarkan untuk sebuah pesta pernikahan bersal dari uang pajak. Oleh sebabnya, banyak warga yang mengisi petisi keterbukaan biaya.

Leave a Reply