Berita Hoax Mr Bean Tewas Ternyata Jebakan Malware, Waspada!

Mr Bean

Rumor yang menyebut pemeran Mr Bean, Rowan Atkinson meninggal dunia banyak semakin berembus di dunia maya. Apalagi, rumor tersebut disertai sumber tautan berita yang seolah makin meyakinkan.

The Sun dalam laporannya yang dikutip Kamis (18/7/2018) menyebut, laman berita itu hanyalah hoaks semata. Alih-alih menyajikan kebenaran, tautan yang dimaksud malah menipu pengunjungnya untuk mengunduh sebuah virus.

Nyatanya, Rowan Atkinson masih hidup dan sehat. Namun, malware yang tertanam di laman tersebut justru bisa membahayakan komputer korban.

Menurut laman berita bodong itu, Atkinson dikabarkan meninggal dunia karena kecelakaan mobil saat berperan sebagai pemeran pengganti.

Parahnya, laman berita yang menyerupai Fox News itu menampilkan foto Mr. Bean dengan tulisan RIP 1955-2017. Laman yang sama juga menyajikan video kematian Atkinson dengan tombol Play di sampingnya.

Nah, setelah mengetahui bahwa tautan berita yang dimaksud adalah hoax belaka, kini kalau kamu melihat link tersebut di media sosial, jangan pernah mengekliknya.

Berdasarkan situs pembongkar hoaksHoax Slayer, saat ada pengguna yang mengeklik tautan tersebut, mereka akan diarahkan ke laman palsu yang menyebar malware. Laman tersebut mengklaim komputer telah terkunci dan meminta pengguna untuk menghubungi nomor dukungan.

Jangan Tertipu

Namun, jangan tertipu, sebab menelepon nomor yang tersebut justru merupakan upaya penipuan agar pengguna menyerahkan detail kartu kredit.

Para penipu juga mungkin meminta korban untuk mengunduh software yang memungkinkan mereka untuk membajak komputer, menginstal file jahat, dan ujung-ujungnya mencuri data pribadi korbannya.

Metode ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya, berita palsu yang menyebut Rowan Atkinson meninggal dunia juga berembus di tahun 2016 hingga saat ini.

Berbagai hal diklaim menjadi alasan kematian Atkinson. Misalnya saja bunuh diri hingga meninggal akibat kecelakaan di lokasi syuting.

Leave a Reply