Berikut Adalah Game Pertama Dari 5 Developer Game Besar

Developer Game Besar

Segala sesuatu pasti tidak akan datang langsung menjadi hal yang besar, termasuk perusahaan pembuat game. Mereka pasti akan terseok-seok di masa-masa awal dalam mengembangkan game dan pada akhirnya mereka mampu menjadi salah satu pemain besar di industri game. Sejatinya, ada beberapa developer besar yang mampu membuat beberapa game dengan kualitas terbaik dengan anggaran yang banyak dalam satu tahun. Tapi apakah kalian pernah tahu game pertama yang pernah dibuat oleh para developer game besar ini?

1. Zombi – Ubisoft

Di zaman dulu, game yang satu ini bisa dibilang sebagai sebuah game multiplatform karena dirilis di banyak platform seperti Amstrad CPC, Atari ST, Commodore 64, MS-DOS, dan ZX Spectrum. Game ini turut membuat industri gaming kala itu heboh dan berhasil mendapatkan berbagai macam review positif dari para kritikus game.

Game ini mengambil ide dari sebuah film bernama Dawn of the Dead besutan George A Romeo. Game yang satu ini akan memaksa kalian untuk memerankan sempat sosok protagonis yang harus bertahan hidup dari serangan zombie. Nah, bila kalian tertangkap oleh zombie tersebut dan bar HP kalian habis, maka orang yang tertangkap itu akan menjadi zombie untuk memangsa karakter yang tersisa. Untuk mengalahkan zombie tersebut kalian bisa menembaknya beberapa kali di bagian badan dan satu kali tembakan di bagian kepala.

2. Grand Theft Auto – Rockstar

Memang sebagai sebuah publisher, Rockstar sudah aktif di industri gaming sejak tahun 1999 di mana mereka bekerjasama dengan Edge of Reality selaku developer pembuat game untuk membuat Monster Truck Madness 64. Tapi kerjasama tersebut tidak berlangsung lama karena pada akhirnya Rockstar mencoba peruntungan baru dengan membuat game mereka sendiri di tahun yang sama yaitu GTA.

Game yang satu ini merupakan ide dari David Jones dan Mike Dailly. Game ini dibuat melalui tangan dingin Rockstar North untuk keseluruhan core gamenya. Sebagai sebuah game pertama dari Rockstar, GTA langsung mendapatkan popularitas yang baik dari gamer dan pada akhirnya game yang satu ini menjadi salah satu franchise paling langgeng dalam sejarah industri game.

3. Keef the Thief – Naughty Dog

Game pertama developer besar selanjutnya adalah Keef the Thief yang dibesut oleh Naughty Dogs pada tahun 1989. Game ini adalah game pertama yang dibuat oleh Naughty Dog dan diproduksi sendiri setelah perusahaan tersebut berganti nama dari JAM Software. Studio ini dibuat oleh Jason Rubin dan Andy Gavin. Sejak awal menjadi developer, Naughty Dog harus diakui telah menunjukkan kejeniusannya lewar game Keef the Thief. Game yang satu ini adalah RPG dengan sudut pandang orang pertama yang sangat seru.

Kalian akan berperan sebagai seorang pencuri yang punya kekuatan sihir, berpetualang, dan bertempur khas RPG. Bisa dibilang, game yang satu ini seperti The Witcher 3 versi jadul. Game ini tergolong sangat unik karena kalian diharuskan untuk melakukan pencurian terhadap barang yang terlihat lho guys. Itulah tantangan yang pada akhirnya ditawarkan oleh Ubisoft.

4. Half Life – Valve

Ya, game pertama yang dibuat Valve adalah Half Life yang dibuat tahun 1998 dan di publish oleh perusahaan bernama Sierra Studio. Game yang satu ini diperuntukkan untuk para pengguna Microsoft Windows bro. Memang harus diakui sejak awal kiblat Valve adalah membuat para PC gamer berteriak gembira.

Dalam game ini kalian berperan sebagai Dr. Gordon Freeman yang harus keluar dari tempat penelitian rahasia. Game yang satu ini membuat puzzle yang cukup ciamik pada masanya. Half Life menerima pujian untuk grafisnya, gameplay yang realistis, dan narasi yang mulus. Dengan kualitas yang dimilikinya, game ini mendapatkan penghargaan dan dianggap sebagai game of the year saat itu.

5. Xcar: Experimental Racing – Bethesda

Game yang satu ini lumayan unik karena kalian bisa melakukan kustomisasi pada mobil prototype kalian untuk diikutkan di ajang balap. Balapannya memang sederhana seperti balapan Narcar, tapi dengan kustomisasi yang ada tentunya membuat kalian lebih interaktif di dalam game. Tidak hanya sekadar balapan saja.

Game ini diciptakan di tahun 1997 untuk platform MS-DOS. Sebagai game jadul, Xcar memiliki mekanisme yang terhitung rumit dan sangat jarang pada masanya. Terobosan-terobosan keren ini nyatanya tetap dipertahankan oleh Bethesda hingga sekarang.

Leave a Reply