Berikan Oreo Berisi Pasta Gigi Ke Tunawisma, Youtuber Kanghua Ren Bisa Dipenjara

Kanghua Ren

Seorang YouTuber bernama Kanghua Ren terancam hukuman penjara dua tahun karena memberikan Oreo berisi pasta gigi kepada seorang pria tunawisma. Ia merekam aksinya dalam sebuah video dan mencemooh pria tersebut.

Dikutip dari The Independent, Ren yang berusia 20 tahun itu mengunggah videonya ke akun YouTube miliknya. Akun dengan nama ReSet itu mempunyai lebih dari satu juta subscribers. Dalam videonya, Ren memperlihatkan bagaimana ia sendiri mengganti isi asli Oreo dengan pasa gigi, lalu memasukannya kembali bungkus aslinya.

Pemuda asli Tiongkok itu kemudian memberikannya kepada pria tunawisma berusia 52 tahun bernama Gheorge L. Dari videonya terlihat ia sempat berbincang dengan Gheorge dan memberikan Oreo itu serta uang Rp 332 ribu. Tanpa rasa curiga, Gheorge pun memakan Oreo tersebut.

Setelah Gheorge memakannya, Ren berkata kepada kamera yang dibawanya: “Mungkin aku sedikit keterlaluan, tapi lihat sisi positifnya, itu akan membantunya membersihkan gigi. Aku rasa dia belum membersihkan giginya karena ia miskin.”

Menurut media Spanyol, El Pais, video itu mampu memberikannya uang sebesar Rp 34 juta dari iklan. Sebabnya adalah video itu sudah ditonton hingga ribuan kali. Meski begitu, warganet bereaksi sangat keras terhadap Ren. Sementara itu, Gheorge L mengaku “mual setelah lima menit dan muntah”.

Ren sempat kembali dengan kameranya untuk merekam Gheorge L. “Orang-orang melebih-lebihkan guyonan di jalan [yang diarahkan] kepada seorang pengemis padahal kalau dilakukan kepada orang normal mereka tidak akan berkata apa-apa,” kata Ren.

Jaksa di Barcelona sendiri menyebut Ren menghapus video itu dan menawarkan memberi Gheorge L uang Rp 5 juta. Menurut jaksa, itu dilakukan Ren bukan karena ia merasa bersalah, melainkan untuk “memperbaiki citranya” di mata publik.

Jaksa pun menuntutnya dua tahun penjara dan denda Rp 511 juta sebagai kompensasi kepada Gheorge L. Sementara itu, jaksa menyebut ini bukan kali pertama Ren melakukan perbuatan buruk itu. Sebelumnya, ia menawarkan sandwich berisi kotoran kucing kepada anak-anak dan orang tua.

Leave a Reply