Berbagai Macam Asinan Khas Nusantara Ini Bisa Bikin Kamu Seger!

Siapa sih yang gak suka kuliner khas Indonesia yang satu ini? Rasanya yang asam, manis, pedas dan segar dijamin membuat siapa pun ketagihan deh. Asinan memang menjadi santapan primadona di siang hari yang terik. Biasanya dimakan sebagai hidangan penutup makan siang.

Beda daerah beda pula ragam asinan yang disajikan. Dan di bawah ini Berita123 rangkum untuk kamu 5 asinan dari tanah air yang terkenal. Apa saja? Yuk disimak.

1. Asinan Bogor.

Asinan yang berasal dari kota hujan ini memiliki dua varian yaitu asinan buah dan sayur. Asinan buah umumnya terdiri dari buah kedondong, bengkuang, mangga muda, nanas, jambu air, pepaya mengkel, salak, ubi merah dan ditambah dengan kacang tanah goreng. Jenis buah-buahannya tergantung dengan musim dan ketersediaan di pasaran.

Sedangkan untuk asinan sayur terdiri dari kol, tauge, timun, wortel, sawi asin, daun antanan (tek kim), lokio (bawang muda), potongan tahu, kacang tanah goreng dan kerupuk mie. Kuah dari asinan sayur maupun buah sama aja.

Campuran dari cuka, cabai, gula dan garam. Rasanya asam manis segar. Kalo mau lebih pedas, bisa ditambahkan sambal rawit hijau. Disajikan dingin tambah nikmat!

2. Asinan Betawi.

Asinan Betawi merupakan asinan sayur yang terdiri dari daun selada, kol, tauge, sawi asin, ketimun, potongan tahu, kacang tanah goreng dan diberi dua macam kerupuk yaitu kerupuk mie dan kerupuk berwarna merah jambu. Pembeda antara asinan Bogor dan Betawi terletak pada kuahnya.

Kuah asinan Betawi merupakan sambal kacang dan diberi kuah manis yang berasal dari gula merah. Rasa dari asinan Betawi ini manis, asam dan segar loh!

3. Asinan Rambutan.

Kalau asinan yang satu ini sifatnya musiman. Soalnya kalau sedang tidak lagi musim, buah rambutan sangat jarang ditemui. Pada awalnya, asinan ini ngehits di wilayah Pulau Sumatera.

Seperti namanya, asinan ini memang hanya terdiri dari buah rambutan yang diberi cabai, gula, garam, dan air jeruk. Jeruk yang digunakan juga tergantung daerah loh. Misalnya untuk wilayah Bangka Belitung menggunakan jeruk kunci yang merupakan jeruk khas daerah tersebut.

Tapi, bisa juga menggunakan jeruk limau atau lemon. Rasanya pedas, asam, manis, dan pastinya segar. Sebagai modifikasi, bisa ditambahkan buah kiamboy ataupun rambutan bisa diganti dengan buah kelengkeng. Rasanya gak kalah enak loh!

4. Asinan Manado (Gohu).

Gohu adalah asinan yang berasal dari Manado. Dibuat dari buah pepaya mengkel yang diberi gula, garam, air jeruk limau, sedikit irisan jahe, dan cabai yang diulek. Ada juga yang suka ditambahkan dengan irisan bawang merah.

Rasanya sudah pasti mantap! Manis, asam, asin dan renyahnya buah pepaya mengkel jadi satu di mulut. Dimakan dingin saat cuaca panas bener-bener surga dunia deh!

5. Asinan Jagung Bakar.

Kalo biasanya kalian suka makan jagung bakar dengan saus, cobain deh kuliner yang satu ini, asinan jagung bakar. Jagung bakar dipipil lalu dicampur dengan kuah asinan yang terbuat dari cabai, gula, garam dan cuka. Dimakan bersama ketimun dan kerupuk mie. Rasanya unik banget! Buat yang penasaran mau coba bisa mampir ke Bogor ya.

Leave a Reply