Berbagai Fenomena Alam Indah Ini Tidak Bisa Kamu Lihat Di Indonesia

Alam semesta selalu menyajikan hal-hal yang menakjubkan. Berbagai fenomena alam yang sulit dipahami pun benar-benar terjadi dan dapat disaksikan dengan mata secara langsung. Seperti misalnya berbagai fenomena alam yang menakjubkan dan unik berikut ini.

Yang sangat mungkin, beberapa fenomena berikut ini dapat menyadarkan kamu bahwa kebesaran Tuhan memang benar-benar nyata, dan salah satunya dapat kita lihat dan buktikan dari fenomena yang luar biasa tersebut.

1.  Bioluminescence

Salah satu fenomena alam yang menakjubkan di dunia adalah Bioluminescence. Fenomena ini berupa laut yang seakan-akan dapat mengeluarkan cahaya sendiri. Sebuah cahaya yang keluar dari laut sangat indah dan menakjubkan.

Fenomena alam yang menakjubkan tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah, dimana peristiwa ini terjadi karena di dalam laut terdapat ribuan organisme laut. Nah, cahaya yang berasal dari laut tersebut berasal dari organisme-organisme laut yang saling bereaksi dengan oksigen, yang akhirnya membentuk reaksi kimia. Sehingga laut seolah-olah mengeluarkan cahaya. Cahaya tersebut dapat terlihat dengan jelas ketika malam hari.

Cahaya tersebut salah satunya berasal dari plankton yang hidup di air. Cahaya yang dihasilkan plankton merupakan salah satu cara untuk melindungi diri. Namun, siapa sangka cahaya-cahaya tersebut dapat menciptakan fenomena yang menakjubkan di laut.

2.  Light Poles

Light poles merupakan sebuah fenomena alam yang berasal dari langit dalam bentuk cahaya yang menakjubkan. Cahaya yang berasal dari langit tersebut, nampak seperti tiang-tiang atau pilar.

Secara ilmiah, Light poles terjadi karena karena adalanya pantulan cahaya pada Kristal es yang ada di langit, dan terjadi di malam hari. Hanya saja, peristiwa menakjubkan ini hanya dapat disaksikan di negara-negara tertentu, seperti negara yang mengalami musim dingin. Karena untuk terjadinya fenomena ini dibutuhkan suhu yang dingin, sehingga dapat menyebabkan munculnya Kristal.

3.  Lenticular Clouds

Lenticular Clouds merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan dari langit. Fenomena ini terjadi di daerah gunung dan bukit. Lenticular Clouds terlihat seperti awan yang bertumpuk-tumpuk, terlihat seperti sebuah UFO.

Fenomena ini dapat terbentuk karena adanya arus udara lembab menuju arah atas melalui pegunungan, hingga menuju puncak. Adanya kelembaban tersebut, menyebabkan daerah yang dilintasi menjadi mengembun, sehingga membentuk awan yang bertumpuk-tumpuk. Fenomena alam ini bisa terjadi selama berjam-jam, bahkan berhari-hari.

4. Batu Berlayar

Fenomena alam yang menakjubkan selanjutnya adalah batu berlayar. Batu berlayar merupakan salah satu fenomena geologi dimana sebuah batu bergerak melintasi tanah yang halus. Fenomena menakjubkan ini disebabkan oleh adanya lembaran tipis yang mencair, dan adanya hembusan angin yang mengakibatkan batu bergerak tanpa dipindahkan oleh manusia.

5.  Aurora Borealis

Fenomena menakjubkan ini biasa terjadi di Antartika. Aurora Borealis merupakan fenomena alam yang berupa cahaya yang menakjubkan yang dapat dilihat di bagian utara dan selatan bumi. Secara alamiah, fenomena ini berupa cahaya ini disebabkan oleh adanya energi magnetik yang berada di admosfer. Fenomena cahaya aurora menyala-nyala di lapisan ionosfer dari planet. Aurora sendiri berarti fajar dalam bahasa Romawi. Namun, ada kepercayaan yang berasal dari kepercayaan Norse dan Aborigin yang mengatakan bahwa cahaya Aurora Borealis dibawa oleh nenek moyang kita yang telah mati.

Leave a Reply