Berambisi Angkat Trofi Liga Champions, Ini Penuturan Juergen Klopp

Liga Champions

Juergen Klopp menginginkan trofi Liga Champions musim ini. Bukan semata untuk ambisi pribadinya, demi para pemain dan klub yang telah luar biasa.

Klopp berhasil membawa Liverpool ke final Liga Champions musim ini. Mereka akan diuji oleh Real Madrid, tim yang tiga kali juara dalam empat musim terakhir, sekaligus pemegang gelar terbanyak yakni 12 kali.

Menuju pertandingan ini, Liverpool dihantui catatan buruk Klopp di final. Enam kali lolos ke final, bersama Borussia Dortmund dan Liverpool, manajer asal Jerman itu baru sekali juara.

Tapi bagi Klopp catatan itu tak mengubah pandangan apapun soal kansnya memenangi Liga Champions musim ini. Ini bukan soal catatan individu, melainkan soal kerja sama dan meraihnya bersama-sama.

“Saya amat menginginkannya. Tapi Anda tak bisa menyematkannya cuma pada saya. Saya bahkan sama sekali tidak penting dalam keseluruhan perjalanan ini dan saya sungguh-sungguh. Tak ada yang berubah dari saya secara personal,” ungkapnya pada situs resmi UEFA.

“Saya sudah kalah pada beberapa final dan masih akan tetap sama jika saya memenanginya. Ini yang akan kembali jadi kasusnya. Tapi, untuk klub dan para pemain, saya akan merasa sangat bahagia,” lanjut dia.

Bagi Klopp, sudah ada kepuasan tersendiri menyaksikan timnya tampil amat baik di Liga Champions musim ini. Liverpool merupakan tim tertajam di musim ini dengan 40 gol, 10 gol lebih banyak dari Madrid yang akan dihadapi.

“Saya benar-benar bangga dengan apa yang anak-anak raih. Jumlah gol yang kami cetak benar-benar gila. Kami dua kali membuat tujuh gol dan dua kali mencetak lima gol. Ini menjadi gila karena kami bukan Barcelona, Madrid, atau Bayern Munich,” tutur mantan manajer Mainz itu.

“Kami bukan tim lain, kami adalah Liverpool yang sedang dalam perjalanan menjadi tim yang sangat baik. Dan bisa tampil di level setinggi ini, itu keren sekali. Secara ringkas, ini adalah perjalanan gila tapi kami pantas mendapat tempat di sini,” imbuh Klopp.

Klopp: Madrid Memang Berpengalaman, tapi…

Juergen Klopp mengakui Liverpool kalah pengalaman dari Real Madrid di Liga Champions. Tapi Liverpool bisa menebusnya dengan aspek-aspek permainan lainnya.

Liverpool akan menantang Madrid dalam final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Minggu (27/5/2018) dinihari WIB. Liverpool punya kesempatan untuk menjegal dominasi Madrid di kompetisi ini.

Seperti diketahui, ini adalah final keempat Los Blancos dalam lima musim terakhir. Dalam tiga final sebelumnya, Madrid selalu keluar sebagai juara. Madrid kini sudah mengoleksi total 12 titel Liga Champions.

Melihat faktor ini, Manajer Liverpool Juergen Klopp mengakui Madrid unggul secara pengalaman. Tapi pria asal Jerman ini tak mau ambil pusing soal itu, meyakini Liverpool bisa menandingi dengan gairah, kerja keras, dan keberanian.

“Real Madrid memang lebih berpengalaman. Pengalaman adalah hal yang penting dalam hidup, tapi bukan satu-satunya hal,” jelasnya dikutip BBC.

“Anda bisa menandinginya dengan gairah, sikap, dan kerja keras. Karena itulah saya sangat mencintai sepakbola.”

“Kami akan mencoba dengan cara positif, memperlihatkan kepada anak-anak mengapa sangat masuk akal untuk bermain berani. Tak mudah untuk tampil berani melawan Manchester City, juga AS Roma, tapi mereka bisa melakukannya,” tutur manajer berkacamata itu.

Leave a Reply