Benarkah Kuliah Di Luar Negeri Tanpa Absen Dan Skripsi?

Ada banyak hal unik yang bisa kita dapatkan kalau kita kuliah di luar negeri. Selain makanan dan kebudayaan dari negara asli yang kita kunjungi, rupanya kuliah di luar negeri punya sistem yang berbeda dengan di Indonesia, loh.

Kalau di Indonesia kita terikat oleh banyak aturan kayak absen, tugas, sampai skripsi, hal itu nyatanya nggak berlaku di beberapa negara seperti yang dialami teman-teman kita.

Di Jerman contohnya. Ichal pernah mengikuti student exchange di University of Duisburg-Essen mengatakan bahwa di sana, para mahasiswanya nggak mengenal yang namanya istilah absen. Yap, kita bebas untuk menentukan mau masuk kuliah atau nggak.

“Di sana (Jerman), nggak ada absen. Mau datang (kuliah) atau nggak, ya terserah kita. makanya absen nggak jadi salah satu faktor penentu kelulusan mata kuliah. Untuk lulus, ya, kita harus bagus di ujian akhir,” lanjut cowok berbadan gempal.

Sementara itu, di Turki, Roida Hasna Afrilita menambahkan bahwa sistem pendidikan di sana sedikit berbeda. Kalau di Indonesia kita mengenal istilah skripsi, lain halnya dengan Turki.

“Salah satu yang berbeda adalah buat kita yang mau masuk tahun ketiga kuliah, minimal IP harus 1.8 dengan skala IP 0-4. Selain itu, di sini nggak ada skripsi kayak di Indonesia,” tutup Roida yang kuliah di Canakkale Onsekiz Mart University, Rusia.

Gimana, tertarik buat kuliah di luar negeri?

Leave a Reply