Belum Lama Latihan, Debut Aymeric Laporte Di City Mengesankan

Aymeric Laporte

Pep Guardiola puas dengan debut pemain barunya, Aymeric Laporte. Laporte tampil penuh saat Manchester City menang 3-0 atas West Bromwich Albion.

Laporte langsung jadi starter pada laga di Etihad Stadium, Kamis (1/2/2018) dinihari WIB. Padahal transfernya baru tuntas Selasa (30/1) lalu.

Laporte menjadi pembelian terakhir City di bursa transfer musim dingin ini. City sebenarnya melakukan negosiasi dengan Leicester City di hari terakhir bursa transfer untuk Riyad Mahrez, namun gagal menemukan kesepakatan.

Soal debut Laporte, Guardiola mengaku puas. Bek 23 tahun itu sebenarnya tak banyak melakukan aksi bertahan, karena West Brom lebih banyak berada dalam posisi terdesak. Dia hanya melakukan satu intersepsi, satu sapuan, dan memenangi dua duel udara.

Tapi pemain bertinggi 191 cm tersebut membuat persentase passing sukses sebesar 94,7 persen dari 76 kali melepas umpan. Di antara pemain outfield khususnya yang turun sebagai starter, akurasi umpannya hanya kalah dari Bernardo Silva dengan 94,8% dari 58 umpan.

Berduet dengan Nicolas Otamendi, Laporte menunjukkan diri mampu mengemban tugas sebagai Ball-Playing Defender.

“Laporte baru berlatih pertama kali kemarin, dan hanya melakukan passing-passing ringan. Tapi, hari ini kita melihat bagaimana kualitas dia yang sesungguhnya,” tutur Guardiola dikutip Express.

“Dia memperlihatkan performa yang benar-benar luar biasa. Kami sangat senang melihat itu,” jelas dia.

Laporte Sudah Tunjukkan Kenapa City Membelinya

Kevin De Bruyne memuji debut sempurna Aymeric Laporte di Manchester City. Laporte dinilai telah memberi alasan mengapa ia direkrut The Citizens.

Laporte diboyong City dari Athletic Bilbao pada Selasa (30/1/2018). Bek asal Prancis itu dibeli dengan nilai transfer mencapai 65 juta euro atau sekitar Rp 1 triliun, yang menjadikannya sebagai pemain termahal dalam sejarah City.

Hanya sehari setelah resmi bergabung dengan City, Laporte langsung menjalani debutnya. Dia dimainkan sebagai starter pada laga melawan West Bromwich Albion di Etihad Stadium karena John Stones sakit.

Laporte tampil penuh di laga itu. Ia membantu City menang dengan skor 3-0. Ya, skuat besutan Pep Guardiola itu tak kebobolan dengan minim mendapat ancaman dari West Brom.

De Bruyne menilai Laporte telah membuktikan kapasitasnya sebagai bek berkualitas. Hal itu pula yang dinilai menjadi alasan City bernafsu mendatangkannya.

“Dia sangat bagus. Kami tidak memberikan peluang apapun untuk lawan, kecuali mungkin satu peluang untuk [Daniel] Sturridge,” De Bruyne mengatakan di situs resmi klub.

“Dia harus segera masuk skuat saat Stones sakit pada pagi hari, tapi dia melakukannya dengan sangat baik. Dia tahu [debutnya tidak akan selalu semudah itu] tapi itu sempurna baginya saat dia masuk.”

“Dia sangat bagus dalam menguasai bola dan bertahan dengan sangat solid. Dia akan membantu kami menjadi lebih baik dan karena itulah kami membelinya,” gelandang asal Belgia itu menambahkan.

City Sudah Tembus 100 Gol

Kemenangan 3-0 atas West Bromwich Albion menyisakan catatan spesial untuk Manchester City. Mereka kini sudah mencetak lebih dari 100 gol di musim ini.

City menang 3-0 saat menjamu West Brom di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Kamis (1/2/2018) dini hari WIB. Ketiga gol City dibuat oleh Fernandinho, Kevin De Bruyne, dan Sergio Aguero.

Dengan tambahan tiga gol dari laga tersebut, City kini tercatat sudah mencetak 101 gol di semua kompetisi musim ini. Mereka pun menjadi tim Premier League pertama yang melewati 100 gol di musim ini.

Di Premier League, City memang menjadi tim paling produktif dengan total 73 gol. Pep Guardiola pun senang dengan performa yang ditampilkan anak-anak didiknya itu.

“Ketika Anda melihat angkanya (101 gol di semua kompetisi), Anda pikir itu tidak mungkin. Tapi kami menghasilkan begitu banyak. Sangat menyenangkan bisa menyaksikannya,” Guardiola mengatakan seperti dikutip situs resmi klub.

Meski demikian, Guardiola menilai City masih kurang ‘kejam’ di depan gawang. Aspek itulah yang menurutnya masih harus diasah oleh Sergio Aguero dkk.

“Saya senang karena saya rasa ini adalah salah satu penampilan terbaik di musim ini. Bermain lebih baik cukup sulit, tapi di laga knockout, atau final yang penting, kami harus lebih tajam atau kami akan ada dalam masalah,” Guardiola menyatakan seperti diwartakan di ESPN FC.

“Kami menciptakan permainan luar biasa, sangat menyenangkan ditonton, tapi kami melewatkan banyak peluang dan melawan tim top itu akan jadi masalah jika kami tidak memperbaikinya.”

Berkat kemenangan atas West Brom, City yang mengumpulkan 68 poin kini unggul 15 angka dari Manchester United.

Leave a Reply