Begini Pakai Rute Ganjil-Genap Dengan Waze Dan Google Maps

Pemprov DKI Jakarta resmi memberlakukan kebijakan perluasan kawasan rute ganjil-genap di sejumlah ruas jalan mulai Rabu (1/8). Sistem ganjil-genap diberlakukan setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Pengendara yang melanggar kebijakan tersebut sudah tentu akan dikenakan tilang dengan hukuman denda maksimal Rp500 ribu, atau hukuman penjara dua bulan.

Jika kamu tidak ingin terkena denda yang cukup menguras kantong itu dan masih bingung dengan jalan mana saja di Jakarta yang menerapkan sistem ganjil-genap, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps dan Waze diĀ smartphone. Bagaimana caranya? Simak paparannya berikut ini.

Google Maps

Google belum lama ini telah meluncurkan pengaturan yang menampilkan kawasan ganjil-genap untuk pengguna aplikasi Google Maps di Indonesia. Cara menggunakan pengaturan ini terbilang mudah.

– Buka aplikasi Google Maps.

– Pilih tujuan perjalanan dan rute berkendara dengan mobil.

– Setelah itu akan muncul rute yang harus dilalui, pilih menu ‘Setting’ dan pilih ‘Route Options’ .

– Lihat tulisan “Avoid odd-even roads based on your car’s number plate” atau yang dalam Bahasa Indonesia, “Hindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap berdasarkan pelat nomor mobil Anda.”

– Kemudian pilih sesuai pelat nomor mobil kamu, ganjil atau genap. ‘Even’ di sini berarti genap, sedangkan ‘Odd’ adalah ganjil.

– Jika sudah dipilih, tekan selesai. Kamu akan secara otomatis diarahkan ke jalan yang tepat dan tak melanggar aturan.

Waze

Sama seperti Google Maps, pengguna Waze juga bisa memanfaatkan pengaturan untuk menampilkan kawasan yang diberlakukan aturan ganjil-genap. Fitur ini hadir untuk pengguna Waze di Indonesia, khususnya di kota yang menerapkan kebijakan tersebut.

Berikut ini cara pakainya.

– Buka aplikasi Waze, tetapkan tujuan perjalanan.

– Setelah rute perjalanan muncul di layar smartphone, masuk ke dalam menu ‘Setting’ yang tombolnya berada di pojok kanan atas layar.

– Pilih opsi ‘Navigation’.

– Tekan opsi ‘Number Plate Restriction’.

– Kemudian masukkan dua nomor terakhir dari pelat nomor mobil yang kamu pakai. Hasil akhirnya kamu akan mendapatkan rute yang sesuai dengan pelat nomor mobil tersebut.

Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan perluasan kawasan ganjil-genap yang berlaku selama berlangsungnya Asian Games dan Asian Para Games. Asian Games digelar 18 Agustus sampai 2 September 2018, sedangkan Asian Para Games digelar 6-13 Oktober 2018.

Leave a Reply