Beberapa Fitur Rahasia Pesawat Ini Mungkin Belum Anda Ketahui

Fitur Rahasia

Pesawat mungkin memang hanyalah alat transportasi, namun pesawat juga bagian dari cerita liburan. Mungkin hanya sedikit yang tahu bahwa pesawat memiliki beberapa fitur rahasia.

Berlibur ke luar negeri seringkali membuat orang-orang lelah karena lamanya penerbangan. Apalagi jika menggunakan kelas ekonomi.

Namun ternyata, desain pesawat sangatlah unik. Karena ada beberapa fitur tersembunyi yang bisa menambah kenyamanan penerbangan traveler.

1. Tombol Rahasia

Traveler yang duduk di bangku dekat lorong mungkin tidak sadar bahwa ada tombol di sandaran tangan. Namun, jika traveler meraba lebih jauh ke arah belakang di bawah sandaran maka akan ada sebuah tombol.

Tombol tersebut sengaja dibuat tersembunyi dari pandangan traveler. Jika menekan tombol ini, maka traveler akan dapat menggerakkan sandaran lengan sampai bagian belakang. Sehingga memudahkan traveler untuk berdiri ketika meja baki digunakan.

2. Segitiga Hitam

Kursi dekat jendela sepertinya selalu menjadi tempat favorit para traveler. Selain bisa bersandar, traveler juga bisa mendapatkan foto-foto cantik dari ketinggian.

Tapi, ada satu tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan terbaik, yakni sisi sayap pesawat. Sisi tersebut bisa traveler temukan dengan tanda segitiga hitam.

3. Membuka Toilet Saat Darurat

Awak kabin dipersiapkan dengan kemungkinan terburuk. Karena itu ada sebuah tombol rahasia yang terdapat di belakang tanda dilarang merokok.

Dalam keadaan darurat, tombol ini digunakan untuk membuka toilet yang sedang digunakan. Sehingga semua penumpang bisa dipastikan aman dan selamat.

4. Borgol, Defibrillator dan Pistol

Ketika sedang berada di udara, keselamatan penumpang menjadi tanggung jawab awak kabin dan pilot. Karena itu, maskapai memperlengkapi penerbangan dengan borgol dan pistol.

Hal ini berguna jika seandainya ada pembajakan atau penumpang yang bersikap mengganggu. Borgol yang digunakan bukanlah terbuat dari besi namun seperti kabel pengikat.

Defibrillator juga disediakan didalam beberapa pesawat untuk penumpang yang terkena serangan jantung. Semua benda tersebut di simpan secara rahasia.

5. The Bleed Hole

Traveler yang duduk di kursi dekat jendela mungkin sering melihat lubang kecil di jendela. Lubang ini sendiri berfungsi sebagai katup pengaman. Sehingga ketika ada tekanan di dalam pesawat, kaca jendela bisa memuai tanpa pecah.

6. Kamar Tidur Rahasia

Ketika penerbangan jarak jauh, awak kabin juga memiliki waktu istirahat. Untuk bisa beristirahat sejenak, awak kabin dan pilot memiliki kamar tidur rahasia.

7. Pintu Darurat

Pegangan pintu darurat sengaja dibuat besar dan mudah terlihat. Hal ini disengaja untuk menenangkan penumpang.

Pegangan yang besar juga menjadi penahan dan memperlambat penumpang saat evakuasi. Sehingga penumpang bisa lebih tenang.

8. Asbak

Merokok di dalam pesawat merupakan sebuah pelanggaran. Tapi, pihak maskapai tetap menyiapakan asbak. Sehingga penumpang yang melanggar bisa mematikan rokok di tempat yang semestinya.

Sekedar informasi, dulu didalam pesawat memang diizinkan merokok di pesawat.

9. Kait Sayap Berwarna Kuning

Sayap pesawat punya kait berwarna kuning yang akan berguna saat darurat. Terutama ketika terjadi kecelakaan dan mendarat di air.

Penumpang bisa menarik tali ini sehingga tetap bisa berjalan di atas sayap.

Leave a Reply