Barcelona Tundukkan Celta Vigo Dengan Skor 5-0, Messi Dua Gol

Barcelona berhasil mengalahkan Celta Vigo dengan skor telak 5-0 di leg kedua 16 besar Copa del Rey. Hasil ini mengantarkan Blaugrana mantap ke perempatfinal.

Pada laga yang dilangsungkan di Camp Nou, Jumat (12/1/2018) dinihari WIB, Barca langsung unggul 2-0 saat pertandingan baru berjalan 15 menit lewat dua gol Lionel Messi. Gol pertama dicetak Messi pada menit ke-13, yang digandakan selang dua menit kemudian. Kedua gol ini terlahir lewat assist Jordi Alba.

Kerja sama Messi dan Alba kembali membuahkan hasil di menit ke-28. Namun, kali ini giliran Messi yang memberikan assist untuk gol Alba.

Unggul tiga gol tak membuat Barca mengendurkan serangan. Alhasil, Luis Suarez membawa Azulgrana memimpin 4-0 di menit ke-31. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua Celta langsung mengganti dua pemain. Tapi, mereka tetap sulit keluar dari tekanan dan terdesak untuk bertahan lebih dalam lagi.

Rapatnya pertahanan tim tamu bikin Barca kesulitan mencetak gol tambahan. Mereka baru bisa mencetak gol kelima lewat skema sepak pojok.

Ivan Rakitic dengan mudah menyundul bola setelah menyambut umpan Ousmane Dembele di menit ke-87. Hingga laga usai, skor 5-0 tetap bertahan untuk kemenangan Barca.

Hasil itu membawa El Barca melaju ke perempatfinal Copa del Rey dengan kemenangan agregat 6-1. Sebelumnya, kedua tim berimbang 1-1 di leg pertama.

Jalannya Pertandingan:

Barca langsung tampil menekan di awal-awal laga. Mereka tak membiarkan Celta untuk mengembangkan permainan sedikit pun.

Tuan rumah pun berhasil unggul 1-0 di menit ke-13 lewat kaki Messi. Gol ini bermula dari umpan silang Alba dari sisi kiri, yang memanfaatkan umpan panjang dari tengah lapangan. Tak berlama-lama, Alba mengirim umpan dan Messi menuntaskannya menjadi gol hanya dengan satu sentuhan.

Selang dua menit kemudian Messi memperbesar keunggulan Barca menjadi 2-0. Messi, yang masuk ke depan kotak penalti Celta mengirim umpan terobosan ke Alba di sisi kiri. Alba tak berlama-lama dengan bola dan langsung mengembalikannya kepada Messi yang sudah masuk ke dalam kotak penalti. Messi menuntaskannya menjadi gol.

Kombinasi Messi dan Alba kembali menghasilkan gol ketiga untuk Barca di menit ke-28. Messi melepaskan umpan panjang ke Alba di sisi kiri. Mantan pemain Valencia itupun berlari dan menyepak bola sambil menjatuhkan badan, untuk melesakkan bola ke dalam gawang Sergio Alvarez.

Unggul tiga gol tidak membuat Barca mengendurkan serangan. Gol keempat pun datang di menit ke-31 lewat kaki Suarez. Pemain asal Uruguay itu berhasil melesakkan gol setelah memotong umpan back-pass lawan dan menaklukkan kiper dari jarak dekat. Barca memimpin 4-0 hingga turun minum.

Tertinggal empat gol membuat pelatih Juan Carlos Unzue melakukan dua pergantian di awal babak kedua. Dia menarik Daniel Wass dan Iago Aspas untuk memainkan Nemanja Radoja dan Maximiliano Gomez.

Perubahan ini belum terlihat berdampak besar dalam permainan. Celta malah nyaris kebobolan setelah tendangan Suarez dari jarak dekat membentur tiang gawang di menit ke-56.

Sementara itu, di menit ke-59 pelatih Ernesto Valverde menarik keluar Messi yang sudah mencetak dua gol dan satu assist. Pria asal Argentina itu digantikan oleh Dembele di menit ke-59.

Barca terus menekan pertahanan Celta lewat sisi kanan dan kiri. Namun, sulit masuk ke kotak penalti setelah lawan bertahan dengan sangat rapat.

Tim tuan rumah baru bisa mencetak gol kelima di menit ke-87. Umpan Dembele dari sepak pojok berhasil disambut Rakitic lewat sundulan, setelah berdiri bebas tanpa kawalan. Gol itu menjadi yang terakhir di laga ini. Barca menang dengan skor 5-0.

Susunan Pemain:

Barcelona: Cillessen; Semedo, Pique (Vermaelen 46′), Mascherano, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta (Arnaiz 62′); Gomes, Messi (Dembele 59′), Suarez.

Celta Vigo: Sergio; Mallo, Sergi Gomez, Fontas, Jonny; Wass (Radoja 46′), Lobotka, Jozabed; Aspas (Gomez 46′), Maxi, Sisto (Mendez 56′).

Valverde: Barcelona Sangat Impresif

Barcelona tanpa ampun menghajar Celta Vigo di leg kedua babak 16 besar Copa del Rey. Blaugrana tampil amat dominan dan menang telak 5-0.

Menjamu Celta di Camp Nou, Jumat (12/1/2018) dinihari WIB, Barcelona bahkan sudah unggul 4-0 di babak pertama. Lionel Messi membuka skor di menit ke-13 dan 15, disusul Jordi Alba pada menit ke-28 dan Luis Suarez di menit ke-31.

Satu gol lainnya dicetak oleh Ivan Rakitic pada menit ke-87. Kemenangan telak 5-0 ini membawa Barcelona ke perempatfinal dengan agregat meyakinkan 6-1, usai berimbang di leg pertama.

Barcelona tampil amat dominan di laga kali ini. Menguasai bola sebesar 61%, mereka melepaskan 19 tembakan dengan delapan mengarah ke gawang.

Los Cules di saat bersamaan tak membiarkan Celta banyak mengancam. Tim tamu hanya punya empat percobaan dan seluruhnya tak mengarah ke gawang.

Penampilan ini tak bisa membuat Ernesto Valverde tak puas.

“Barcelona punya banyak peluang, kami sangat efektif dalam menyerang. Kami tahu lawan punya kemampuan untuk bermain baik,” katanya dikutip Marca.

“Ada laga-laga lain di mana kami bermain sebaik ini. Tapi malam ini sungguh impresif,” imbuhnya.

Tak lupa Valverde mengucapkan terima kasih untuk para suporter, yang telah menciptakan atmosfer amat positif untuk para pemain.

“Hari ini suporter telah membantu kami. Itu menambah sesuatu dalam performa kami. Ini adalah usaha bersama,” tandasnya.

Leave a Reply