Banyak Yang Tidak Tahu, Sebenarnya 5 Makanan Ini Jangan Diblender

Diblender

Memblender setiap makanan entah itu sayuran atau buah mungkin menjadi hal yang wajar bagi kita. Namun, tanpa kita sadari ternyata ada beberapa makanan yang pantang untuk diblender.

Hal itu dikarenakan memblender makanan-makanan tersebut akan mengurangi nutrisi serta bisa merusak alat blender itu sendiri.

Dari banyaknya makanan, ternyata ini 5 makanan yang tidak boleh diblender seperti dikemukakan¬†Reader’s Digest.

Sayuran Hijau

Banyak orang sering menghaluskan sayuran hijau untuk kemudian dibuat smoothies. Padahal menghaluskan sayuran hijau dengan blender tidak diperbolehkan karena disebut dapat merusak warna sekaligus mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kentang

Selain sayuran hijau, kentang juga pantang untuk diblender. Meski nutrisinya tidak berkurang, tekstur kentang akan menjadi terlalu lembek jika diblender. Ada baiknya untuk menumbuknya atau menghancurkannya dengan garpu daripada diblender.

Saus Tomat

Hindari mencampurkan saus tomat ketika sedang memblender makanan. Hal itu akan membuat saus tomat berubah warnanya dan cepat busuk. Selain itu, noda-noda bekas saus tomat akan sulit dihilangkan pada blender.

Makanan atau Minuman Panas

Memblender makanan atau minuman yang masih panas sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, blendermu akan mudah rusak dan keselamatanmu juga bisa terancam ketika blender membludak.

Sayuran Berserat

Ternyata tidak hanya sayuran hijau saja, sayuran berserat seperti kol, brokoli, seledri atau wortel juga tidak boleh diblender. Hal itu dikarenakan proses penghalusan yang sulit akan membuat blendermu rusak. Nutrisi dalam sayuran tersebut pun juga berkurang karena serat yang terkandung di dalamnya ikut terurai.

Leave a Reply