Banyak Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Puasa Yang Bugar Dan Sehat

Puasa

Puasa di bulan Ramadhan mewajibkan seseorang untuk menahan lapar dan dahaga. Hanya bisa mengkonsumsi makanan setelah adzan magrib berkumandang hingga menjelang subuh atau waktu imsak tiba.

Pola makan yang berubah selama bulan Ramadhan harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar, terlebih Anda masih harus menjalankan aktivitas pekerjaan kantor.

Konsumsi 5 makanan ini sebanyak-banyaknya supaya selama puasa tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Air Putih

Potensi dehidrasi selama puasa lebih besar dari hari biasa. Oleh karena itu meminum air putih delapan gelas per hari sangat disarankan. Anda bisa membaginya per gelas antara sahur dan berbuka.

Mulai dengan air minum hangat di waktu berbuka akan lebih menyehatkan bagi tenggorokan dan tubuh. Ketika sahur pastikan minum air yang cukup supaya tidak tersedak dan membantu makanan tercerna dengan baik.

2. Kurma

Salah satu makanan favorit saat bulan puasa adalah kurma, karena banyak memberikan tenaga serta menjadi sunah saat berpuasa. Konsumsi kurma yang baik akan membantu Anda mendapatkan tenaga secara cepat ketika berbuka puasa, dan menjaga kondisi badan tetap bugar ketika sahur menjelang.

3. Konsumsi Protein dan Karbohidrat Kompleks

Selama puasa penting sekali konsumsi protein tinggi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Makanan seperti daging ayam, telur, ikan, keju, yogurt dan lain-lain merupakan asupan protein yang bisa kamu konsumsi.

Konsumsi juga karbohidrat komplek serta makanan yang kaya akan serat untuk mengembalikan kekuatan tubuh. Contohnya nasi merah, kentang dan ubi, oatmeal atau sereal.

4. Sayuran Segar

Sayuran sangat baik untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup selama berpuasa. Sayuran yang bagus diolah dengan cara dijadikan sup dan tumisan. Jadi, jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran untuk membantu kamu lebih kuat untuk berpuasa.

5. Buah-Buahan

Dehidrasi saat puasa juga dapat dikurangi dengan meningkatkan porsi makan buah-buahan dibanding hari biasanya. Untuk berbuka puasa, Anda bisa konsumsi kurma, anggur, kelengkeng, mangga, pisang, dan rambutan.

Buah-buahan tersebut mengandung gula tinggi, sehingga bisa langsung menaikkan kadar gula darah dan membuat tubuh segera berenergi.

Sementara saat sahur, pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak air, dan tinggi serat. Contohnya apel, pepaya, melon, buah naga, dan pisang. Buah yang mengandung banyak cairan bermanfaat untuk hidrasi tubuh selama puasa dan mengurangi rasa haus. Sedangkan buah yang tinggi serat memiliki penyerapannya lebih lambat di dalam tubuh sehingga akan terasa kenyang lebih lama.

Leave a Reply