Bagus Untuk Kulit Dan Wajah, Ini 5 Manfaat Air Cucian Beras

Air Cucian Beras

Saat kamu mencuci beras, biasanya air cuciannya langsung dibuang. Pernahkah kamu terpikirkan untuk memanfaatkan air cucian beras? Mungkin kamu berpikir untuk apa repot-repot menadah air cucian beras? Padahal, air beras yang sering dianggap sepele ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit serta wajah.

Untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah tidak butuh uang yang banyak, karena kamu bisa memanfaatkan air beras. Beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan, salah satunya adalah zat oryzanol yang dapat menangkal sinar ultra violet ke dalam kulit, sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Berikut adalah 5 manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit.

1. Kulit Bercahaya dan Memudarkan Flek Hitam

Biasanya para wanita menggunakan kosmetik siap pakai untuk mendapatkan kulit yang bercahaya serta untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Tidak semua orang cocok menggunakan krim kecantikan tersebut. Alih-alih mempercantik tampilan wajah, malah mendapatkan kulit wajah yang semakin rusak.

Mencuci muka dengan air beras secara teratur dapat mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein didalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

2. Pembersih Wajah

Ya, air cucian beras bisa kamu manfaatkan sebagai pembersih wajah, loh! Caranya sangat mudah. Pertama, ambillah satu cangkir beras. Kedua, cucilah beras tersebut dengan cepat sehingga debu dan kotoran menghilang, lalu buang airnya.

Ketiga, tambahkan air bersih baru, lalu aduk-aduk beras menggunakan tangan. Rendam beras selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras mengalir ke dalam air.

Keempat, saring air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut sambil dipijat lembut dengan jari-jari selama sekitar 6 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut sambil.

Cara mengeringkan wajahnya jangan digosok, ya, tapi ditepuk-tepuk. Atau, kamu bisa juga membersihkan wajah menggunakan air cucian beras dengan cara ini. Ambilah bola kapas, celupkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke wajah kamu dengan gerakan memutar. Biarkan air di wajah kamu mengering dengan sendirinya, lalu bilas wajah dengan air dingin segar.

Gunakan air cucian beras untuk membersihkan wajah setiap saat sehingga didapatkan wajah yang bersih dan cantik. Air cucian beras yang disimpan di udara terbuka hanya bertahan satu hari. Tapi, jika disimpan di dalam lemari es, air cucian beras yang disimpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar satu minggu.

3. Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Air cucian beras bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah kamu. Air cucian beras dapat membantu mengontrol wabah jerawat pada wajah dan juga membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit. Air cucian beras juga dapat mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Caranya: siapkan air cucian beras yang sudah bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak). Kemudian, endapkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang memiliki flek atau bekas jerawat.

4. Mengontrol Kelebihan Minyak Pada Kulit Wajah

Jika jerawat yang bermunculan di wajah kamu disebabkan oleh minyak berlebih, jangan lagi bingung bagaimana cara mengatasinya, karena air beras tetap bisa menjadi jawabannya. Manfaat air beras untuk wajah kulit berjerawat ini juga sama ampuhnya seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunannya sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak.

Pertama-tama, cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Lalu, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah kamu sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Dengan penggunaan rutin, minyak di wajah kamu akan berkurang dan wajah lama kelamaan akan terlihat lebih cerah. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pencerah Kulit yang Alami

Beras memiliki bahan pemutih kulit alami yang khasiatnya tak kalah dengan susu yang dicampur bersama minyak zaitun. Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat, lakukan treatment ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Rasakan perbedaan yang signifikan. Bukan hanya lebih cerah, kulit kamu akan terasa jauh lebih halus dan lembut.

Caranya cukup sederhana, cuci beras dengan air di dalam sebuah wadah. Selanjutnya, saring beras dan cuci kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih. Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya.

Esok paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub di wajah kemudian bilas wajah menggunakan air beras, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Treatment ini tidak hanya bisa digunakan untuk wajah, tapi bisa untuk tubuh juga.

Leave a Reply