Atasi Berbagai Permasalahan Dengan Sahabat Lewat 5 Tips Ini

Sahabat

Sahabat itu adalah harta yang paling berharga. Jangan pernah remehin apa arti sahabat ya. Jika mereka pergi kamu tidak akan bisa melakukan apa pun seorang diri. Yakin kamu bisa melakukan semua hal tanpa sahabat? Pasti kalian ada yang bilang “kan ada pacar”, tapi apa kamu yakin pacarmu akan menemanimu seumur hidup?

Jika persahabatan kalian tulus, gak akan ada perpisahan. Kalian akan bersama seumur hidup. Nah ini 5 tips mengatasi permasalahan dengan sahabat.

1. Introspeksi diri

Kamu harus tahu letak kesalahanmu di mana, atau apa yang kamu lakukan sehingga membuat sahabatmu marah. Jangan selalu berasumsi bahwa sahabatmu yang salah dan kamu benar. Tidak ada salahnya buat introspeksi diri sendiri dan coba untuk bersikap dewasa.

2. Mencairakan suasana

Jika kamu dan sahabatmu sedang membicarakan masalah kalian. Jangan membuat suasana menjadi tegang, cobalah buat mencairkan suasana mungkin dengan membicarakan hal-hal seru kalian pada masa lalu dan sebagainya. Cara ini dijamun ampuh untuk membuat atmosfer terasa lebih santai.

3. Jadi pendengar yang baik

Kamu harus selalu ada saat dia membutuhkanmu ya. Kamu juga harus mendengarkan keluh kesahnya dan selalu menemani di saat senang atau sedihnya. Jangan cuma dateng saat dia senang saja. Dengan begitu kalian akan menjadi sahabat yang saling mengerti. Itu juga dapat menghindari konflik antara kamu dan sahabatmu.

4. Mengakui kesalahanmu

Jika permasalahan ada di kamu, sebaiknya kamu harus segera minta maaf kepada sahabatmu. Kamu tidak boleh egois dalam menjalin persahabatan. Jika bukan kamu yang menyebabkan permasalahan, tetap cobalah untuk meminta maaf. Ingat bahwa persahabatan itu penting lebih dari apa pun. Mulai sekarang kamu harus menghilangkan egomu.

5. Menjaga hubungan baik

Mulai sekarang jaga ucapan atau perbuatan yang bisa menyakiti hati sahabatmu. Sebelumnya kamu memang harus lebih mengenal sahabatmu ya. Kamu harus tahu apa yang disukainya atau yang tidak disukainya. Jangan buat kesalahan yang berulang-ulang.

Leave a Reply