Arsenal Vs Chelsea Berakhir Imbang, Alvaro Morata Tampil Buruk

Empat gol tercipta di babak kedua untuk menyudahi pertandingan antara Arsenal Vs Chelsea dengan skor 2-2. Gol Hector Bellerin menyelamatkan Arsenal.

Pada pertandingan di Stadion Emirates, Kamis (4/1/2018) dinihari WIB, kedua tim bermain tanpa gol di paruh pertama. Setelah sejam laga berjalan, Arsenal membuka keunggulan lewat Jack Wilshere, yang langsung disamakan Chelsea dengan gol penalti Eden Hazard.

The Blues memberikan pukulan berat kepada tim tuan rumah setelah Marcos Alonso mencetak gol kedua yang membalikkan kedudukan menjadi 2-1 di 10 menit terakhir. Namun, the Gunners terhindar dari kekalahan setelah Bellerin membobol gawang Chelsea di masa injury time.

Dengan hasil ini, Arsenal kini menempati peringkat keenam klasemen dengan 39 poin. Chelsea berada di posisi ketiga dengan 46 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan terbuka, Arsenal dan Chelsea saling melakukan serangan sedari awal.

Arsenal mendapat ancaman dari serangan balik Chelsea di menit ke-14. Morata menerima umpan panjang sehingga terbebas di lini depan. Saat tinggal berhadapan dengan Petr Cech, eksekusi Morata melenceng. Sebuah peluang emas terbuang.

Semenit kemudian, klaim penalti Arsenal ditolak setelah Ainsley Maitland-Niles jatuh di kotak. Permainan berlanjut dan Alexis Sanchez melepaskan tembakan dari dalam kotak yang membentur kedua tiang gawang sebelum bisa diamankan Thibaut Courtois.

Arsenal kembali membahayakan gawang Chelsea. Di menit ke-22, umpan terobosan Mesut Oezil diterima Lacazette yang mengontrol bola, lalu memutar badannya sebelum melakukan tembakan mendatar. Courtois melakukan penyelamatan sama hebatnya untuk menjagawa gawangnya dari kebobolan.

Lima menit berselang, Chelsea merespons. Sebuah umpan terobosan diteruskan Timoue Bakayoko dengan tembakan dari dalam kotak penalti. Cech bereaksi tepat dengan menepis bola ke atas.

Arsenal menciptakan peluang lagi. Di menit ke-39, kerjasama Jack Wilshere dan Oezil diselesaikan dengan tembakan yang melenceng tipis dari tiang jauh.

Menjelang turun minum, Chelsea melewatkan sebuah peluang. Kerjasama Fabregas dan Hazard diteruskan pemain yang disebut pertama dengan tendangan dari luar kotak penalti tapi masih melambung.

Setelah restart, jual-beli serangan masih terjadi. Cech melakukan dua penyelamatan cepat di menit 50 untuk menangkal serangan Hazard dan Marco Alonso.

Semenit kemudian, Maitland-Niles melewati penjagaan Victor Moses, tapi umpan silangnya terlalu dalam untuk Sanchez sehingga sundulannya melambung di atas gawang. Setelahnya sepakan Lacazette dari dalam kotak masih bisa ditepis Courtois.

Akhirnya kebuntuan pun terpecah di menit ke-63. Dari Oezil, bola akhirnya menemui Jack Wilshere yang diteruskan dengan sepakan kaki kiri dari tiang dekat tanpa bisa dihentikan Courtois. Skor kini 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Kedudukan itu hanya seumur jagung. Tiga menit setelahnya, Chelsea menyamakan skor menjadi 1-1 lewat penalti. Hector Bellerin melanggar Hazard yang membuat wasit menunjuk titik putih. Hazard maju sebagai eksekutor dan sukses mengirim bola ke tengah gawang Arsenal.

Chelsea membalikkan kedudukan di menit ke-84. Pemain pengganti Davide Zappacosta melewati Maitland-Niles untuk mengirimkan umpan silang ke dalam kotak, yang langsung disambar Marcos Alonso. Chelsea berbalik memimpin 2-1.

Arsenal mengerahkan semua pemainnya ke depan demi mengejar gol penyama. Usaha itu terbayar di injury time usai Bellerin melepaskan tembakan yang bersarang di sudut atas gawang Chelsea. Skor 2-2.

Chelsea belum menyerah dan nyaris menciptakan gol tambahan. Sepakan Morata dari dalam kotak penalti bisa ditepis Cech, bola rebound disambut Zappacosta dengan sepakan yang membentur mistar gawang sebelum bisa dibuang.

Wasit kemudian meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Skor 2-2 tetap bertahan.

Susunan pemain

ARSENAL: Cech, Mustafi, Chambers (Walcott 88′), Bellerin, Holding, Oezil, Wilshere, Xhaka, Maitland-Niles, Sanchez, Lacazette (Welbeck 80′)

CHELSEA: Courtois, Cahill, Azpilicueta, Marcos Alonso, Christensen, Fabregas (Drinkwater 71′), Moses (Zappacosta 56′), Hazard (Willian 82′), Bakayoko, Kante, Morata

Alvaro Morata Tampil Buruk

Alvaro Morata tampil buruk saat Chelsea bermain imbang 2-2 di kandang Arsenal. Striker Chelsea itu membuang berbagai kesempatan emas untuk mencetak gol.

Dalam laga di Emirates, Kamis (4/1) dinihari WIB, Morata tampil penuh selama 90 menit. Statistik memperlihatkan bahwa Morata melepaskan tiga percobaan dengan satu mengarah ke gawang.

Mantan pemain Real Madrid itu tiga kali berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Petr Cech tapi tak satupun upayanya yang berbuah gol. Salah satu kegagalan terbesar Morata terjadi di babak pertama saat sepakannya justru melebar, padahal dua bek Arsenal gagal mengawalnya.

Atas performa buruk itu, Morata pun mendapatkan penilaian sangat jelek. Squawka dan Telegraph kompak memberi nilai 4 kepada Morata.

Gol-gol Chelsea sendiri dicetak Eden Hazard (penalti) dan Marcos Alonso. Arsenal membuka keunggulan lebih dahulu lewat Jack Wilshere, dan Hector Bellerin membobol gawang Chelsea di injury time untuk memaksakan hasil imbang.

Manajer Chelsea Antonio Conte tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya terhadap peluang-peluang yang gagal dimaksimalkan Morata. “Itu bukan soal keberuntungan di periode ini, dia harus terus bekerja dan meningkat,” ucap dia kepada Sky Sports usai pertandingan.

“Bagi seorang striker, sangat penting untuk mencetak gol. Sungguh disayangkan. Dia punya banyak peluang mencetak gol, tapi saya gembira dengan komitmen dan usaha dia untuk tim.”

Leave a Reply