Anti-Bajakan Denuvo Bikin Performa Game Jadi Berat?

Anti-Bajakan Denuvo

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa software anti-bajakan Denuvo sangat berpengaruh terhadap performa PC saat memainkan video game yang diproteksi olehnya. Denuvo dianggap banyak gamer memberatkan performa CPU saat memainkan video game yang membutuhkan banyak memori darinya. Tapi, tidak sedikit dari mereka yang juga beranggapan bahwa hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali. Menolak untuk hanya berhipotesa saja, orang-orang ini langsung mencari tahu kebenarannya.

Seorang YouTuber bernama Overlord beberapa kali mencoba, baik game AAA maupun indie yang sebelumnya memakai Denuvo dan tidak sama sekali. Beberapa game di antaranya adalah: Hitman, Abzu, Sherlock Holmes the Devil’s Daughter, Mass Effect Andromeda, Mad Max, Agents of Mayhem, dan Sniper: Ghost Warrior 3. Overlord mencobanya di i7 2600k dan GTX 1080Ti tanpa overclock sama sekali.

Beberapa game seperti Mad Max, Mass Effect Andromeda, dan Sherlock Holmes the Devil’s Daughter memang memiliki perubahan yang cukup signifikan setelah Denuvo dilepas, karena ketiga engine yang dipakai game tersebut memakai banyak thread dari CPU. Sementara tidak ada perubahan yang menonjol setelah dicoba di Agents of Mayhem, Hitman, Abzu, dan Sniper: Ghost Warrior 3.

Walaupun cukup mengejutkan bagi Agents of Mayhem karena game tersebut sangat menitik-beratkan CPU, tapi tidak untuk beberapa game lain seperti Hitman, Abzu, dan Sniper: Ghost Warrior 3. Hal ini disebabkan karena ketiga game tersebut lebih menitik-beratkan GPU dibandingkan CPU.

Leave a Reply