Anjing Setia Ini Akhirnya Mati Setelah 11 Tahun Tinggal Di Makam Majikan

Anjing Setia

Kisah tentang kesetiaan seekor anjing terhadap pemiliknya banyak muncul dari berbagai sudut dunia, salah satunya datang dari Argentina. Seekor anjing bernama Capitan akhirnya mati setelah 11 tahun hidup dan tinggal di makam majikannya.

Anjing jenis alsatian berwarna hitam itu baru berusia empat tahun ketika pemiliknya Miguel Guzman, yang membawa Capitan sebagai hadiah untuk putranya, meninggal dunia pada 2006 di Villa Carlos Paz, dekat kota kedua Argentina, Cordoba.

Beberapa hari setelah Guzman dimakamkan, Capitan menghilang. Keluarga Guzman mengira anjing itu telah menemukan rumah baru atau mati entah di mana.

Namun, beberapa waktu kemudian, ketika keluarga Guzman berziarah ke makam pria itu, mereka terkejut karena melihat Capitan ada di sana.

Mereka semakin terkejut karena selama ini ternyata Capitan tinggal di komplek pemakaman itu, tidur di makam Guzman, dan makan dari pemberian para tetangga.

Enam tahun lalu, janda Guzman, Veronica mengungkapkan kesetiaan Capitan saat diwawancarai sebuah koran terbitan kota Cordoba.

“Kami mencari dia tetapi dia seperti menghilang begitu saja. Kami berpikir Capitan mungkin tertabrak dan mati entah di mana,” ujar Veronica.

“Beberapa hari kemudian, kami pergi ke makam dan Damian (putra Guzman) melihat Capitan yang langsung menghampiri kami. Dia menyalak dan melolong, seperti menangis,” tambah dia.

Hal lain yang Veronica tak habis pikir adalah, komplek pemakaman itu terletak cukup jauh dari kediaman mereka dan saat Guzman dimakamkan Capitan tak ikut ke sana.

“Lalu saat kami kembali ke makam beberapa pekan kemudian, Capitan ada di sana. Kali ini dia sempat mengikuti kami pulang dan tinggal beberapa hari sebelum kembali lagi ke makam saat malam,” lanjut Veronica.

“Nampaknya dia tak ingin membiarkan Miguel sendirian di malam hari,” kenang perempuan itu.

Sosok Capitan juga dikenal direktur kompleks pemakaman itu, Hector Baccega.

“Anjing itu muncul di sini pada satu hari, sendirian. Dia kemudian berkeliling pemakaman hingga menemukan makam majikannya,” ujar Hector.

“Di siang hari dia biasa berjalan berkeliling di pemakaman, tetapi dia kemudian kembali ke makam majikannya,” lanjut Hector.

“Setiap hari pada pukul 18.00 dia berbaring di makam majikannya dan tetap di sana sepanjang malam,” tambahnya.

Melihat kesetiaan Capitan, para pekerja dan staf pemakaman menjadi iba dan mulai merawat serta memberi makan anjing itu.

Damian, putra Guzman, mengatakan bahwa dia berusaha beberapa kali membawa Capitan pulang tetapi dia selalu kembali ke makam.

“Saya kira dia akan tinggal di makam hingga dia sendiri mati. Dia selalu mencari ayah saya,” ujar Damian.

Akhirnya beberapa hari lalu, Capitan menyusul majikannya ke alam baka dalam usia kira-kira 15 tahun. Demikian dikabarkan harian La Voz.

Leave a Reply