Anak Menangis Ketika Didekati Orang Lain? Ini Cara Mengatasinya

anak menangis

Biasanya Si Kecil adalah anak yang periang dan pemberani saat disapa oleh siapa saja. Tiba-tiba, saat menghadapi nenek dan kakek yang sering bertemu pun, ia menangis.

Apa yang sebenarnya terjadi ketika anak menangis?

Bayi di bawah enam bulan umumnya tak takut akan orang asing. Hal ini disebabkan karena ia memandang orang dewasa hampir sama dengan: semua orang bisa melindungi dan memenuhi keinginannya.

Saat usianya mendekati delapan atau sembilan bulan, bayi mulai menyadari, siapa orang terdekatnya: ibu, ayah, dan beberapa orang yang selalu ada di sisinya.

Menurut Deborah M. Consolini, MD, dari Thomas Jefferson University, AS, pada masa ini perkembangan bayi sudah sampai pada tahap mengenali hal yang biasa ia lihat dan tidak.

Jadi jangan heran, jika ia beranggapan bahwa diluar orang-orang terdekat ini, bahkan nenek dan kakek pun, berpotensi memisahkan dia dari orang tuanya.

Deborah melaporkan, Lama durasi dan intensitas ketakutan ini amat bervariasi pada masing-masing bayi. Jika kamu melihat ada bayi lain yang tak pernah mengalami hal ini, itu bisa jadi karena bayi tersebut bisa mengatasi masalah ini dengan cepat, atau ia memang amat mudah menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitarnya.

Pada saat seperti ini, kamu jangan memaksanya ya. Hal ini akan berlalu dengan sendirinya. Hal yang bisa kamu lakukan adalah:

Tenangkan Si Kecil

Tenangkan bayi saat ia menangis, serta jangan bereaksi berlebihan terhadap ketakutannya akan orang asing ya Ma. Biasanya hal ini akan menghilang saat bayi mencapai usia dua tahun.

Ingatkan orang lain

Untuk sementara, kamu bisa mengingatkan orang lain untuk tak terburu-buru menggendong atau menyapa Si Kecil saat bertemu. Biarkan bayi terbiasa kembali dengan orang tersebut.

Mintalah mereka mengajak bayi mengobrol, tersenyum, atau menawarkan permainan terlebih dahulu, sambil ia berada di pangkuanmu.

Luangkan waktu lebih lama

Deborah mengingatkan, jika kamu hendak menitipkan Si Kecil kepada nenek kakeknya, jangan lupa untuk meminta mereka datang setidaknya dua hari sebelum bayi ditinggal agar ia menjadi terbiasa.

Demikian pula dengan pengasuh barunya misalnya, yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama lagi agar bayi bisa mengenalnya dan merasa nyaman.

Leave a Reply