Anak 11 Tahun Asal China Diamankan Karena Membawa Uang Rp 373 Juta

Anak 11 Tahun Asal China Diamankan

Seorang pria bersama anak kecil berusia 11 tahun asal China diamankan oleh polisi Shenzhen, China setelah berprilaku aneh dan mencurigakan.

Keduanya tampak gelisah, berjalan begitu cepat serta menghindari kontak mata dengan tim pemeriksa keamanan wilayah tersebut.

Seperti dilansir AsiaOne, Kamis (18/1/2018), seorang pria dan anak kecil tersebut ditahan ketika sedang melintasi jalan Chung Ying, Shenzhen, China.

Keduanya ingin menyeberang ke wilayah Guangdong. Katika ditahan, barulah terjawab alasan kenapa mereka berprilaku aneh. Dalam tas bocah tersebut ternyata ada uang.

Bukan hanya sejuta atau dua juta, melainkan US$ 28 ribu atau setara dengan Rp 373 juta. Pria tersebut mengaku jika ia telah memasukan uang ratusan juta tersebut ke dalam tas anak laki-lakinya.

Tetapi, ketika ditanya oleh petugas keamanan setempat, pria tersebut tidak dapat menunjukkan surat bukti izin membawa uang tunai.

Saat ini kasus bapak dan anak itu telah dilimpahkan kepada otoritas Sha Tau Kok untuk diproses lebih lanjut. China merupakan negara yang sangat teliti dalam urusan valuta asing.

Pemerintah mereka membatasi masuknya uang dalam jumlah banyak untuk menghindari terjadinya kasus pencucian uang.

Pemerintah China membatasi uang tunai yang masuk negaranya di angka Rp 40 juta dan harus menyertakan surat secara tertulis.

Leave a Reply