Aktif Tiba-Tiba, Pengguna YouTube Indonesia Keluhkan “Restricted Mode”

Restricted Mode

Beberapa pengguna YouTube Indonesia mengeluhkan mode YouTube Restricted Mode atau mode pembatasan video yang mendadak aktif. Keluhan ini dilontarkan oleh beberapa pengguna operator seluler dan penyedia layanan internet (internet service provider/ISP).

Di antaranya adalah Telkomsel, Indosat, Smartfren, dan MyRepublic Indonesia. Dari pantauan KompasTekno, Kamis (9/8/2018), sebagian pengguna melaporkan jika mode ini telah aktif selama dua hari.

Banyak yang mengeluhkan jika restricted mode atau mode pembatasan YouTube aktif secara tiba-tiba, dan tidak bisa dinon-aktifkan.

Menjawab keluhan tersebut, Indosat Ooredoo melalui akun Twitternya @IndosatCare menjelaskan jika notifikasi mode terbatas mengikuti kebijakan pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Awal Agustus lalu, Kominfo bersama Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) memang mengumukan akan melakukan uji coba penapisan gambar bermuatan negatif menggunakan fitur safe search.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan mengatakan bahwa beberapa operator melaporkan inisiatif untuk penapisan gambar yang bermuatan pornografi di fitur pencarian website seperti Google.

Ia menambahkan secara teknis, penapisan gambar tidak terjadi di fitur pencarian website, namun ada pada penyedia jasa internet atau ISP.

Dengan demikian, pengguna bisa menon-aktifkan mode pembatasan tersebut. Salah satu caranya adalah menghapus cacheYouTube, lalu log-inkembali ke akun YouTube.

Pengguna juga bisa mengganti setting APN menjadi “internet”. Cara set-up ada di menu setting pada masing-masing ponsel, lalu pilih mobile data, klik acceess point names(nama titik poin), dan ubah APN menjadi “internet”. Setelahnya, pengguna bisa menon-aktifkan Restricted Mode di YouTube.

Jika masih megalami kendala, pengguna bisa menghubungi layanan konsumen masing-masing operator yang digunakan.

Leave a Reply