Ahli Fisika & Musik Jerman, Inspirasi Google Doodle Hari Ini

Apa itu studio musik elektronik, hari ini, Rabu (18/10/2017) menjadi Google Doodle. Bagi beberapa orang, mungkin masih awam tentang Apa Itu Studio Musik Elektronik?

Studio untuk Musik Elektronik Radio Jerman Barat di Cologne adalah fasilitas dari Westdeutscher Rundfunk (WDR), yang merupakan yang pertama dari jenisnya di dunia. Sejarahnya mencerminkan perkembangan musik elektronik di paruh kedua abad ke-20.
Studio pertama yang menerapkan teknik rekaman modern berbasis elektronik.

Melalui teknik dan perangkat-perangkat yang mereka ciptakan itu, para pemusik tak lagi dituntut sempurna saat merekam lagu dan suara mereka. Pasalnya, teknik tersebut memungkinkan adanya proses edit. Dengan demikian, suara-suara fals bisa dikoreksi. Begitu juga dengan komposisi suara, bisa lebih variatif.

Studio for Electronic Music berlokasi di Cologne, Jerman. Merupakan bagian dari West Deutscher Rundfunk (WDR). WDR mulai mengaplikasikan rekaman musik secara elektronik pada awal dekade 1950-an. Dia merupakan ahli fisika Jerman. Lahir di Belgia pada 30 April 1913 dan meninggal 8 Juli 1960.

Dia mengantongi gelar doktor di bidang fisika saat masih berusia kepala tiga. Selain itu, Werner Meyer juga ahli dalam matematika dan kimia. Kemampuan ini yang membuatnya mampu menjadi salah satu pionir terciptanya teknik rekaman modern berbasis elektronik.

Gagasan untuk memproduksi musik secara elektronik dia ungkapkan pada 1949 melalui sebuah buku. Setelah itu, dia bergabung dengan beberapa tokoh penting lain untuk mendirikan Studio for Electronic Music (WDR).

Herbert Eimert lahir 8 April 1897 dan meninggal 15 Desember 1972. Dia merupakan pakar bidang musik di Jerman. Herbert Eimert mempelajari musik sampai ke jenjang perguruan tinggi, tepatnya di Universitas Cologne.

Tahun 1951 Herbert Eimert bersama Werner Meyer lantas mengajukan pembuatan Studio for Electronic Music. Kemudian peristiwa itu kini dikenal sebagai tonggak sejarah teknik rekaman modern, hasil perpaduan sang ahli fisika dan seorang pakar musik.

Leave a Reply