Agar Tidak Bete Saat Transit Di Bandara, Lakukan 7 Hal Ini

Transit Di Bandara

Gak semua pesawat punya rute langsung, apalagi perjalanan ke luar negeri. Rata-rata punya jatah transit di satu negara sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Kalau transitnya cuma satu atau dua jam, mungkin gak bakal jadi kendala. Yang bikin kesal adalah waktu transit di bandara yang nanggung, yakni di atas 3 jam tapi di bawah 24 jam. Biar gak bete, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.

1. Manfaatkan Wi-Fi gratis

Setiap bandara pasti punya fasilitas Wi-Fi gratis, kamu cuma perlu tanya petugas bagaimana cara mengaktifkannya. Setelah tersambung ke internet, banyak hal bisa kamu lakukan. Mulai dari streaming YouTube, nonton film, mendengarkan musik, download game baru di ponsel, dan sebagainya.

Sejumlah bandara biasanya menyediakan fasilitas komputer untuk menunjang kenyamanan penumpang yang sedang menunggu boarding. Jadi manfaatkan sebaik mungkin ya.

2. Kulineran

Kalau pergi ke tempat baru, kulineran jadi hal wajib buat dilakukan, meski toh itu cuma transit. Di bandara biasanya banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan kuliner khas daerah atau negara setempat.

Kalau sedang hemat bujet, kamu masih bisa mampir ke gerai makanan cepat saji yang pasti ada di bandara mana pun. Masih terlalu mahal? Berarti kamu harus siap-siap bekal dari Indonesia buat bisa dimakan di sana. Biasanya di transfer gate tersedia station atau dispenser yang memperbolehkan mengambil baik air dingin atau panas gratis.

3. Window shopping

Kalau mau bebas belanja, bandara bukan tempat yang bijaksana, apalagi buat backpacker. Tapi gak ada salahnya kalau kita window shopping alias cuma lihat-lihat saja, untuk membunuh waktu. Hitung-hitung bisa juga jadi referensi beli oleh-oleh apa, begitu sampai di tempat tujuan.

4. Sempatkan mandi

Kalau jeda waktu transit sekitar enam jam dan masih harus melanjutkan perjalanan yang lama, kamu mungkin akan butuh mandi dan ganti baju. Daripada harus checkin di hotel kapsul cuma buat mandi dan duduk-duduk, kamu bisa manfaatkan kamar mandi bandara.

Di sejumlah bandara internasional, sekarang bahkan ada lounge yang buka 24 jam dan bisa dipakai penumpang transit. Meski tetap ada tarifnya, tapi gak akan semahal kalau kita pesan kamar hotel budget.

5. Memanfaatkan kursi pijat

Kalau sudah lelah jalan-jalan dan makan-makan, biasanya ngantuk pun datang. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas kursi pijat gratis yang biasanya tersedia di tempat transportasi umum, salah satunya bandara. Dengan begitu waktu istirahatmu jadi lebih maksimal, deh!

6. Jalan-jalan di sekitar bandara

Jalan-jalan keliling bandara juga bisa jadi alternatif seru ketika menunggu transit. Apalagi kalau kebetulan kamu transit di bandara yang punya spot seru, khusus untuk menghibur pengunjung, seperti Singapore Changi Airport.

Di sana selain wisata belanja dan kuliner, tersedia pula tempat untuk bermain arcade game sepuasnya! Ada juga pertunjukan teater visual di tengah lobi tunggu Terminal 4 yang gak bakal bikin bosan.

7. Ikut tur singkat

Kalau waktu transitmu cukup lama sampai lebih dari enam jam, gak ada salahnya pergi ke luar bandara dan ikut tur singkat menggunakan transportasi umum. Apalagi kalau kamu transit pagi atau siang.

Beberapa bandara ada yang memiliki program tur singkat dengan biaya terjangkau, kamu akan diajak menjelajahi tempat menarik ata tempat wisata di dekat bandara.

Leave a Reply