Ada Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus? Ini Cara Menghapusnya

aplikasi

Google Play Store menyediakan segudang aplikasi yang bisa kamu download dan install. Namun tidak jarang, kamu bakal menemui aplikasi Android palsu yang malah berisi iklan dan susah untuk dihapus alias uninstall.

Nah kalau sudah begini, gimana ya cara mengatasinya?

Tenang saja, berikut Jaka akan mengulas cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada smartphone Android.

Karena beberapa pengaturan yang diaktifkan, terkadang aplikasi Android menolak untuk di-uninstall alias dihapus dari smartphone kamu. Berikut ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menghapus aplikasi Android yang membandel.

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Device Administrator

Cara pertama yang dapat kamu lakukan saat menemukan masalah ini adalah melalui pengaturan pada Device Administrator. Kamu pun bisa melakukannya tanpa mengunduh aplikasi tambahan.

Berikut beberapa langkah yang wajib kamu lakukan.

Pastikan bahwa benar aplikasi Android tidak bisa dihapus. Tandanya terlihat pada pengaturan aplikasi Assistive Touch, tombol Force stop dan Uninstall tidak bisa digunakan.

1. Pertama, buka menu Setting kemudian pilih Security. Scroll ke bawah lalu pilih Device Administrator untuk membuka tampilan pengaturan.

2. Tap pada aplikasi yang hendak dihapus, kemudian pilih Deactivate untuk menonaktifkan pengaturan. Setelahnya pastikan tanda check hilang pada aplikasi yang akan dihapus.

3. Setelah melakukan langkah di atas, sekarang pengaturan Force stop dan Uninstall aktif kembali sehingga aplikasi dapat kamu hapus atau uninstall.

Namun bukan berarti cara sebelumnya belum tentu berhasil menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Ada beberapa aplikasi tertentu yang malah mengandung adware dan malware yang hanya bisa dihapus dengan factory reset loh.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Sebelum melakukan factory reset, kamu harus paham kalau melakukan langkah ini berarti akan menghapus seluruh data pada smartphone. Sebaiknya kamu backup data kamu terlebih dahulu.

1. Kamu bisa menuju menu Settings, lalu pergi ke tab Personal. Di sini kamu tinggal memilih menu Backup & reset untuk memulai factory reset.

2. Pada menu Backup & reset pilih Factory Data Reset. Kamu bakal diberi peringatan terlebih dahulu. Jika sudah yakin tekan tombol Reset device untuk memulai proses.

3. Terakhir kamu wajib memasukkan kode keamanan yang digunakan pada smartphone Android. Tunggu hingga proses selesai dan smartphone kembali ke kondisi semula.

Leave a Reply