7 Wisata Alam Jakarta Yang Cocok Temani Akhir Pekanmu

Wisata Alam Jakarta

Tempat wisata alam Jakarta sangatlah banyak. Meskipun sering disebut kota metropolitan yang full dengan bangunan tinggi, ternyata Jakarta tetap menyisihkan beberapa areanya sebagai tempat sejuk untuk berwisata. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kepulauan Seribu

Siapa yang tidak kenal dengan Kepulauan Seribu? Salah satu panorama indah di Jakarta memang sudah mahsyur di seluruh nusantara. Bahkan, bisa dibilang tempat wisata ini menjadi tujuan destinasi terbaik di Jakarta.

Terdapat beberapa pulau tanpa penghuni yang sangat elok di tempat tersebut, seperti Pulau Bidadari, Pulau Putri, Putri Tidung, Pulau Pramuka, dan masih banyak lagi. Bukan hanya pulaunya yang indah, panorama bawah lautnya pun tidak kalah hebat dengan daratannya.

Berbagai biota laut termasuk terumbu karang tampak indah. Tak heran jika banyak orang yang senang menjadikan tempat ini sebagai tujuan diving terbaik.

2. Taman Menteng

Setali tiga uang dengan Taman Suropati, di daerah Menteng Jakarta Barat juga terdapat taman yang tidak kalah eloknya. Bahkan, bukan hanya pepohonan yang memberikan kesejukan, di tempat ini juga terdapat berbagai arena permainan yang akan memanjakan putra putri Anda. Belum lagi adanya jogging track dan air mancur.

Jika dilihat dari kegunaannya, taman ini mempunyai dua buah fungsi, yaitu sebagai arena olahraga dan tempat rekreasi. Di bagian utara taman terdapat dua buah lapangan futsal dan satu buah lapangan basket. Hampir setiap sore tempat ini selalu diadakan pertandingan antara dua tim olahraga. Ada juga area untuk skareboarding, sepeda BMX, hingga parkour (olahraga dari Prancis).

Sementara, di tempat yang lain digunakan untuk duduk-duduk atau hanya berjalan santai. Beberapa kursi dari besi, di mana bagian atasnya diberi kanopi dan tanaman yang merambat di tiang.

3. Setu Babakan

Setu Babakan merupakan nama sebuah danau cantik dengan ukuran cukup luas yang ada di Jagakarsa, Jakarta Selatan, lebih tepatnya di kampung Betawi. Anda pastinya sangat mengenal salah satu kampung Betawi tersebut.

Sehingga, saat mengunjungi tempat ini, Anda bukan hanya menikmati keindahan danau dengan menyusurinya menggunakan perahu angsa, namun juga bisa mengenal berbagai budaya asli Betawi yang unik dan menarik. Berbagai kuliner khas Betawi seperti kerak telur pun juga tersedia di tempat ini. So, jadikan Setu Babakan sebagai salah satu tujuan destinasinya Anda di masa liburan.

4. Taman Cattleya

Taman yang berada di pusat kawasan padat penduduk, Slipi, terpatnya tak jauh dari Mall Taman Anggrek Jakarta Barat. Sama halnya dengan taman lainnya di Jakarta, tempat ini juga menawarkan kesejukan udara sekaligus kesegaran pemadangan karena adanya pepohonan yang rindah.

Belum lagi arena olahraga dan danau yang berada di tengahnya. Dengan kata lain, jika Anda bosan dengan aktivitas padat harian Anda, silakan mengunjungi tempat ini untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

5. Allianz Ecopark

Allianz Ecopark
Allianz Ecopark

Kalau Anda pernah ke Ancol, maka dengan mudah Anda menemukan tempat ini. Dengan lahan seluar 34 hektar, pihak pengelola Ancol menjadikannya sebagai tempat terbuka hijau dan ramah lingkungan. Tempat ini dibagi menjadi beberapa zona yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan seru, seperti bermain sepeda, jogging keliling taman, bermain kano, outbound, mengenal rumah energi maupun rumah lebah, berwisata kuliner, hingga belajar memanah.

6. Pantai Festival

Tidak hanya kawasan ramah lingkungan Allianz Ecopark, di Ancol juga terdapat Pantai Festival yang juga menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang rindu akan nuansa bahari. Pemandangan air yang tenang yang dipadukan dengan jajaran kapal nelayan, plus latar belakang pencakar langit, menjadi nilai plus dari pantai ini.

Karena ombaknya cukup tenang, di tempat ini juga aman digunakan untuk berenang. Bersepeda di sepanjang pesisir atau berjalan kaki di atas jembatan dermaga juga bisa menjadi aktivitas mengasyikkan di tempat ini.

7. Tribeca Park

Taman yang terletak di Central Park Jakarta ini akan lebih indah jika dinikmati pada malam hari. Sebab, berbagai hiasan lampu akan membuat tempat ini bak istana dongeng. Bahkan, taman ini juga semakin dipercantik pada saat moment-moment tertentu, seperti Idul Fitri, Natal, atau Kemerdekaan Indonesia. Tak heran jika banyak orang berkunjung ke tempat ini sambil membawa anak-anak yang ingin berjalan-jalan maupun hewan peliharaan.

Leave a Reply