7 Teknologi Ini Tercipta Karena Kesalahan, Tetapi Menjadi Sangat Berguna

7 teknologi

Hingga kini ada berbagai teknologi yang telah diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia sehari-hari. Bahkan beberapa hal tersebut ada yang memiliki peran penting untuk menunjang kelangsungan hidup manusia, seperti teknologi dalam dunia medis dan lain sebagainya.

Namun ternyata ada beberapa hal yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia seperti plastik, stainless steel, teknologi rontgen, anestesi dan lain sebagainya ternyata tercipta akibat sebuah kesalahan. Seperti yang dikutip dari List 25, berikut ini 7 teknologi yang tercipta dari kesalahan tapi malah jadi berguna banget.

7 Teknologi yang Tercipta dari Kesalahan tapi Malah Jadi Berguna Banget

1. Plastik

Pada awal 1900-an, lak atau shellac merupakan bahan pilihan yang serbaguna, namun karena berbagai alasan yang dapat merusak lingkungan maka bahan itu tak lagi digunakan. Sebagai gantinya seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekeland memutar otak untuk membuat alternatif pengganti lak. Kemudian ia menemukan bahan yang bisa dibentuk yang bisa dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi tanpa terdistorsi, namun hasilnya tak sesuai harapan dan malah terbentuk benda yang kini disebut dengan plastik.

2. Microwave

Bagi kamu yang hobi masak memasak, rasanya harus berterima kasih kepada seorang radar angkatan laut bernama Percy Spencer. Pasalnya berkat keisengannya saat bermain-main dengan pemancar gelombang mikro, hal itu dilakukan saat ia merasakan cokelat batangan miliknya mulai meleleh. Meski gagal menemukan alat untuk membekukan coklatnya ia malah menemukan alat yang kini bisa digunakan untuk memanggang. Lebih dari itu, microwave merupakan alat serbaguna yang digunakan berbagai urusan dapur.

3. Rontgen

Teknologi Rontgen dalam dunia medis, adalah hasil kesalahan yang tidak tidak sengaja oleh Wilhelm Roentgen, pada tahun 1895 ketika ia melakukan percobaan menggunakan sinar katoda. Saat percobaan tersebut ia menyadari bahwa beberapa kardus neon di seluruh ruangan menyala meskipun faktanya antara blok tebal kardus tersebut memiliki lapisan yang cukup tebal. Namun berkat sinar katoda tersebut dapat menembus bahan-bahan yang cukup tebal, tak terkecuali dengan kulit manusia yang dalam dunia medis disebut dengan rontgen.

4. Super Glue

Bermula saat Harry Coover mengembangkan lensa plastik yang digunakan untuk bagian pengeker senapan, Harry yang merupakan salah satu peneliti senior di Kodak Laboratories tersebut menemukan sebuah perekat sintetis yang terbuat dari cyanoacrylate. Namun karena dianggap tidak baik untuk digunakan pada bagian pengeker senapan, akhirnya ia memutuskan untuk tidak menggunakan lem super tersebut. Beberapa tahun kemudian, lem tersebut ditemukan lagi dan dikembangkan hingga akhirnya dijual dengan nama dagang “Super Glue.”

5. Dinamit

Dinamit merupakan salah satu peledak yang paling banyak digunakan dalam pertempuran, namun tahukah kamu ternyata bahan peledak ini ditemukan hasil dari sebuah kesalahan. Hal itu bermula saat Alfred Nobel ingin menyempurnakan bahan bernama nitrogliserin yang dikenal dengan ketidakstabilannya. Kemudian secara tidak sengaja Nobel menemukan metode yang mengandung substansi tanpa menghalangi kekuatannya sehingga menghasilkan ledakan yang begitu kuat. Namun Nobel sendiri menyesali penemuannya tersebut karena kini dinamit banyak disalahgunakan, khususnya dalam peperangan.

6. Anestesi

Anestesi atau pembiusan sangat penting sebelum melakukan tindakan medis, hal ini untuk membuat mati rasa sehingga tidak merasakan sakit saat dilakukan tindakan medis berupa bedah operasi dan lain sebagainya. Sistem ini ditemukan oleh Crawford Long, Wiliam Morton, dan Charles Jackson. Awalnya mereka meneliti efek anestetik dari berbagai obat seperti nitrous oxide atau gas tertawa. Akibat sering salah digunakan akhirnya mereka mencoba membuat sistem anestesi dari berbagai senyawa salah satunya yakni nitrous oxide atau gas tertawa.

7. Stainless Steel

Tidak bisa dibayangkan jika beragam perabotan yang ada di rumahmu seperti, sendok, garpu, gelas tidak terbuat aku bahan anti karat atau stainless steel. Namun jarang yang tahu bahwa stainless steel ternyata tercipta dari sebuah kesalahan yang dilakukan oleh Harry Brearly, seorang ahli metalurgi Inggris, yang tengah mengembangkan senapan laras panjang yang tahan berkarat. Namun proyek tersebut gagal sehingga akhirnya kini stainless steel banyak digunakan dalam berbagai perabotan rumah dan benda-benda lainnya.

Leave a Reply