7 Pekerjaan Ini Memiliki Stres Tingkat Tinggi, Ada Pekerjaan Kamu?

Stres Tingkat Tinggi

Usai lulus sekolah atau kuliah, rasanya semua orang berharap untuk segera bekerja. Tujuannya, supaya bisa menghasilkan uang sendiri, tanpa perlu lagi minta orangtua.

Memang sih, kerja terus gajian itu menyenangkan. Namun, semua itu berbanding lurus dengan tingkat kesetresan yang dialami.

Setiap pekerjaan memang memiliki tingkat stres masing-masing. Seberapa tinggi stres yang kita alami memang bervariasi, tergantung pada apa profesimu dan bagimana posisinya. Biasanya, disebabkan karena uang dan pekerjaan itu sendiri.

Ini rangkuman dari laman Bright Side, berikut beberapa profesi dengan tingkat stres tingkat tinggi berdasar temuan survei Careercast.

1. Sopir taksi

Jangan kira, pekerjaan sopir taksi nggak stres-stres amat, ya. Saban harinya, mereka harus berurusan dengan penumpang yang tidak mau menurut hingga mabuk. Mereka juga harus menghadapi lalu lintas yang buruk, misalnya macet.

2. Pembawa berita

Menghadapi kamera dan berbicara di depan umum adalah hal yang cukup menegangkan bagi banyak orang. Pun bagi pembaca berita di TV yang setiap hari harus menghadapi dua hal ini setiap hari.

Mereka harus selalu segar saat berada di depan kamera. Tak jarang, mereka memandu acara dengan mengajukan sejuta pertanyaan sulit untuk narasumber.

3. Wartawan koran

Para jurnalis media cetak ini sering bekerja di tempat yang tidak bersahabat, selama berjam-jam dengan tenggat waktu, serta gaji yang relatif rendah. Sementara itu, dalam beberapa tahun terakhir industri surat kabar tengah berjuang mati-matian agar tetap bertahan di era internet saat ini.

Alhasil, PHK kini semakin sering terjadi dalam dunia media cetak.

4. Polisi

Bagi kamu yang berprofesi sebagai polisi, tentu paham dengan kestresan yang dialami. Jam kerja yang aneh, harus berhadapan langsung dengan orang yang berbuat kriminal, serta harus siap membantu siapa pun ketika hal-hal buruk terjadi.

5. Pilot

Di balik asyiknya bekerja dengan mengunjungi satu kota ke kota lain serta disebut profesi dengan gaji tinggi, rupanya pilot ada dalam daftar ini. Mereka menjadi satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas keselamatan ratusan penumpang.

Pilot juga harus terbang selama berjam-jam. Tambahkan pula mereka harus terbang dalam kondisi cuaca buruk yang bisa sangat menegangkan.

6. Pemadam kebakaran

Tidak dapat disangkal, pemadam kebakaran adalah profesi dengan tingkat stres tinggi. Mereka harus mempertaruhkan hidup setiap hari untuk menyelamatkan orang lain.

Bisa membuat keputusan tepat di saat situasi yang sulit bahkan kondisi berbahaya menjadikan profesi ini ada dalam daftar profesi dengan tingkat stres tinggi.

7. Personel militer

Ada satu kebanggaan tersendiri ketika seseorang menjadi tentara: ia bertugas membela negara! Namun, mereka harus rela jauh dari pasangan, keluarga, terus berada di zona, serta harus melihat teman dan kolega terluka atau kehilangan nyawa.

Leave a Reply