7 Makanan Ini Aneh, Tapi Populer Di Masa Romawi Kuno

Romawi Kuno

Orang-orang Romawi mungkin telah hidup ribuan tahun silam, tapi makanan mereka tak sekuno persepsi kita. Jangan bayangkan mereka hanya mengkonsumsi daging sapi, sayuran dan buah.

Beberapa makanan yang mereka konsumsi cukup aneh dan mungkin tak akan berani kita cicipi. Dilansir dari laman ranker.com, berikut 7 makanan aneh dari Romawi kuno.

1. Lidah burung merak

Lidah burung merak menjadi makanan yang populer dikonsumsi prajurit Romawi Kuno. Makanan ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain lidah burung merak, mereka juga mengkonsumsi lidah burung bulbul.

2. Garum

Alih-alih saus tomat, orang Romawi kuno menggunakan bumbu yang dikenal dengan nama garum. Bumbu ini terbuat dari jeroan ikan yang dicampur dengan cuka dan madu.

3. Otak domba

Otak domba menjadi bahan makanan favorit bagi orang Romawi kuno. Bagian otak domba ini biasanya dimasak dengan merica, telur dan kelopak mawar.

4. Jerapah

Saat menggali di Pompeii, para arkeolog menemukan sisa-sisa tulang jerapah di sistem saluran pembuangan sebuah restoran kuno. Tanda-tanda pembantaian ditemukan di sendi kaki, menunjukkan hewan tersebut digunakan sebagai bahan makanan.

5. Puding darah

Puding darah menjadi hidangan yang mudah dimasak karena begitu banyak hewan yang dikorbankan di Roma atau disembelih di arena petarungan. Darah hewan ini biasanya dimasak dengan kuning telur, rempah-rempah, dan kacang.

6. Unta

Daging unta menjadi bahan makanan yang banyak disukai orang-orang Romawi. Penggalian sebuah timbunan sampah atau pembuangan kuno dari Roma menghasilkan tulang unta. Dikatakan jika unta dapat menberikan perlindungan dari berbagai penyakit. Bagian terbaik dari unta yang sering dicari adalah tumit.

7. Ubur-ubur

Ubur-ubur bukanlah bahan makanan yang umum di Romawi Kuno. Meski terkenal berbahaya, kebanyakan orang Romawi suka mengolahnya menjadi salad.

Leave a Reply