7 Hal Ini Ternyata Memperpendek Umur Anjing Kamu

Umur Anjing

Siapa sih yang mau anjing peliharaannya berumur pendek? Nah, Jika kamu mencintai anjing kamu, maka sebaiknya hindari 7 hal berikut ini.

1. Kegemukan

Kegemukan sudah menjadi hal yang umum. Pemilik malas mengajak anjing beraktifitas tetapi senang memberikan makanan berlebih ditambah lagi sengan snack-snack. Kegemukan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabete, sakit persebdian dan lain sebagainya. Untuk mencegah kegemukan, mintalah pendapat dari dokter hewan apakah bobot anjing kamu sudah cukup atau berlebihan.

2. Kurang Aktifitas

Banyak pemilik anjing malas untuk membawa anjing mereka beraktifitas. Selain menyebabkan kegemukan seperti diatas, anjing juga lebih mudah stress. Selalu sediakan waktu sehari sekali untuk membawa anjing kamu berjalan-jalan di luar rumah terutama untuk anjing berukuran sedang sampai besar dan tinggal di rumah yang tidak memiliki taman.

3. Meninggalkan anjing tanpa pengawasan

Jangan meninggalkan anjing di rumah atau dimana pun tanpa pengawasan yang cukup, terutama pada anakan anjing atau anjing yang nakal. Mereka akan mengunyah atau memakan sesuatu yang beracun seperti deterjen atau pemutih atau menggigiti kabel listrik yang memiliki setrum. Gunakan kandang jika kamu tidak yakin tempat dia ditinggal adalah aman.

4. Memberi Makanan Dari Meja Makan Kamu

Banyak pemilik anjing yang suka membagi makanannya pada anjing peliharaannya. Ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak boleh diberikan pada anjing karena akan menjadi racun didalam tubuhnya. Selain itu, makanan manusia cenderung berlemak tinggi sehingga dapat menyebabkan anjing kamu menjadi kegemukan. Memberi makanan manusia juga dapat menyebabkan anjing tidak lagi mau makan makanan khusus anjing (Dog Food).

5. Tidak Memberi Vaksinasi Secara Teratur

Jangan lupa untuk memberikan vaksinasi secara terjadwal dan rutin pada anjing kamu. Beberapa vaksin wajib diberikan secara rutin setiap tahun sekali seperti vaksin Parvo Virus, Distemper atau Leptospirosis.

6. Tidak Memeriksakan Kesehatan Secara Rutin

Anjing kamu wajib diperiksa oleh dokter hewan secara rutin minimal setahun sekali agar jika ditemukan suatu penyakit dapat diberikan pengobatan secara dini. Dokter hewan juga dapat memberikan nasihat atau tips agar kesehatan anjing kamu selalu prima.

7. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Bersihkan gigi anjing kamu secara teratur ke dokter hewan yang memiliki kemampuan dan fasilitas untuk membersihkan gigi agar gigi anjing kamu terbebas dari karang gigi. Gigi yang sehat akan menunjang kesehatan anjing kamu.

Leave a Reply