7 Buah Yang Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Walaupun rasanya manis, bukan berarti penderita diabetes tak konsumsi buah. Buah-buahan tertentu memiliki rasa yang manis namun aman untuk dikonsumsi. Apa saja ya?

Seseorang dengan diabetes tipe 2 harus pintar mengontrol dan mengurangi makanan yang mengandung gula. Gula juga menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah berat badan, terutama kelebihan berat badan atau obesitas. Ini telah menjadi sumber masalah besar dari setiap usia, jenis kelamin dan juga indeks massa tubuh yang diatas ambang normal.

Selain lemak, gula juga berpengaruh terhadap kelebihan berat badan sehngga nantinya akan menyebabkan seseorang tak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Untuk itu, penderita diabetespun wajib konsumsi buah dan sayur yang tinggi akan serat. Dikutip dalam Boldsky (21/11) ini beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

1. Strawberry

Buah dengan warna merah yang cantik ini memang memiliki kandungan gula yang sedikit. Akan tetapi buah yang rasanya asam ini justru mengandung banyak antioksidan dan juga tinggi vitamin C. Keduanya dapat membantu tingkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan bantu turunkan berat badan.

Jika ingin mengonsumsi buah ini, Anda bisa langsung dinikmati dalam keadaan segar atau dicampurkan ke dalam salad untuk menambah rasa. Hindari membuat jus strawberry, karena nantinya Anda akan menambahkan gula ke dalamnya dan ini dapat berakibat terjadinya lonjakan gula darah.

2. Peach

Buah peach mengandung gula yang rendah. Satu buah peach dengan ukuran sedang mengandung gula sekitar 10 gram per buahnya. Tidak hanya mengandung antioksidan, peach juga mengandung serat yang baik untuk menyehatkan serta perbaiki sistem pencernaan. Buah peach juga dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh agar menjaga Anda tetap sehat.

3. Blackberry

Buah yang mirip seperti anggur ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes hingga orang dengan obesitas. Karena dalam 100 gram buah blackberry hanya mengandung sekitar 4-5 gr gula. Buah ini mengandung vitamin K dan mangan yang sangat baik untuk kesehatan mulut.

Jika ingin menikmati blackberry dengan olahan smoothies, Anda dapat memberikan gula khusus diabetes dengan 0 kalori atau cukup menikmatinya dalam keadaan segar.

4. Lemon

Lemon mengandung gula yang rendah. Dalam satu buah lemon mengandung 2 gram gula. Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Rasanya yang asam memang jadi alasan tak semua orang menyukai buah ini. Akan tetapi buah lemon enak dipadu dengan teh hangat atau dijadikan sebagai infused water.

5. Melon

Melon menjadi salah satu buah yang mengandung tinggi air dan juga memberikan efek dingin pada tubuh. Buah melon mengandung 11 gran gula per buahnya. Melon juga mengandung potasium dan juga vitamin K sehingga dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan tingkatkan metabolisme Anda dan mengobati gangguan pencernaan.

Lebih enak, buah melon disajikan dalam bentuk potongan. Ini dapat Anda kemas dalam wadah sebagai camilan di kantor atau camilan sebelum makan.

6. Jeruk

Buah jeruk tinggi akan vitamin C dan folat sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan bantu melawan penyakit. Jeruk aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, akrena mengandung hanya 12 gram gula yang dapat dicerna. Buah jeruk bisa dijadikan selingan ngemil atau dikonsumsi sesudah makan. Rasanya manis, membuat Anda dapat tetap berenergi tanpa ada lonjakan gula terlalu tinggi.

7. Grapefruit

Buah ini populer dikonsumsi pagi hari di sebagian besar negara barat. Buah ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi Anda sehingga dapat membuat semangat sepanjang hari. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, grapefruit sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Grapefruit juga rendah gula dan hanya memiliki kandungan gula sekitar 11 gram per buahnya.

Leave a Reply