6 Tempat Wisata Dengan Pemandangan Yang Indah Sekaligus Unik

Tempat Wisata

Setiap negara memang memiliki keindahan alam yang sangat beragam. Satu tempat dengan tempat lainnya terlihat berbeda, karena memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Perubahan zaman, pengaruh cuaca, hingga faktor alam menjadi sedikit dari banyaknya faktor yang menghasilkan pesona pemandangan menakjubkan.

Hal ini jugalah yang membuat banyak negara memiliki keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Tengok saja bagaimana indah dan menakjubkannya aurora di Norwegia, atau sisa-sisa peninggalan sejarah seperti Machu Picchu berhasil memikat hati wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Namun, tak hanya indah, ada pula beberapa negara yang memiliki pemandangan unik dan sayang untuk dilewatkan. Berikut enam tempat wisata di dunia yang memiliki pemandangan unik.

1. Gurun Danakil

Gurun Danakil
Gurun Danakil

‘Pintu masuk ke neraka’ ini berada di timur laut Ethiopia, tepatnya di kawasan Afra yang menjadi pertemuan tiga lempeng tektonik yang memotong Ethiopia, Eritrea, dan Djibouti. Gurun Danakil juga merupakan salah satu tempat berbahaya di dunia, kerena memiliki suhu rata-rata mencapai 35 derajat celsius.

Karena kondisi gurun yang sangat panas dengan curah hujan yang sedikit, menjadikan tanah-tanah di Gurun Danakil sangat kering dan pecah-pecah.

Walau begitu, Gurun Danakil juga memiliki daya tarik tersendiri, seperti mempunyai permukaan tanah berwarna hijau, kuning, cokelat dan oranye. Bahkan, kawasan ini kaya dengan belerang, sulfur, mineral, serta garam kalium.

2. Salar De Uyuni

Salar De Uyuni
Salar De Uyuni

Salar de Uyuni merupakan danau garam terbesar di dunia, dengan luas mencapai 10.582 kilometer. Salar De Uyuni berada di antara Potosi dan Oruro, Bolivia.

Dataran garam ini terbentuk oleh beberapa danau prasejarak sekitar 30 ribu hingga 42 ribu tahun yang lalu. Kemudian, tertutup lapisan garam hingga menjadikannya dataran yang tetap kering.

Banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan keunikan tempat ini. Bahkan jika beruntung, mereka bisa bertemu dengan burung flamingo berwarna merah muda.

3. Vatnajokull

Vatnajokull
Vatnajokull

Tak hanya memiliki Aurora Borealis dan Blue Lagoon saja, Islandia juga menjadi rumah untuk Vatnajokull yang merupakan tudung es terbesar di negara itu. Vatnajokull memiliki luas mencapai 8.100 kilometer persegi atau sekitar 8 persen dari luas Islandia.

Tempat ini resmi dijadikan Taman Nasional pada 7 Juni 2008 silam. Keunikannya juga menarik perhatian pembuat film Games of Thrones untuk menjadikan Vatnajokull sebagai lokasi syuting.

Jika kamu berkunjung ke Vatnajokull, jangan lupa untuk menikmati gletser danĀ ice caving, ya.

4. Great Blue Hole

Great Blue Hole
Great Blue Hole

Great Blue Hole merupakan lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize, dengan kedalaman lebih dari 125 meter dan lebar 300 meter.

Awalnya Great Blue Hole adalah sebuah gua purba lengkap dengan stalaktit dan stalagmit. Namun, ketika zaman es berakhir, permukaan laut naik hingga akhirnya menutupi permukaan gua.

Tempat ini juga menjadi salah satu surga dan impian bagi penyelam. Biota lautnya pun beragam, sebut saja hiu mako, tuna raksasa, ikan dengan aneka warna, dan terumbu karang yang indah akan memanjakan para penyelam.

5. Gua Glow Worm

Gua Glow Worm
Gua Glow Worm

Selandia Baru memang terkenal karena memiliki pemandangan yang indah, salah satunya adalah Gua Glow Worm.

Gua Glow Worm merupakan salah satu destinasi populer, karena stalaktitnya dihiasi kemilau cahaya. Bukan karena lampu, cahaya ini berasal dari cacing Aranchnocampa luminosa yang akan mengeluarkan cahaya di dalam kegelapan.

Setiap wisatawan yang datang akan diajak naik perahu untuk mengarungi sungai yang panjangnya sekitar 250 meter. Wisatawan akan dibuat terkesima dengan keindahan stalaktit di sini.

Namun, wisatawan tak diperkenankan untuk mengambil gambar di dalam. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu spesies cacing itu.

6. Gua Reed Flute

Gua Reed Flute
Gua Reed Flute

Berada di Guilin, China, gua ini berumur lebih dari 180 juta tahun yang memiliki ketinggian 240 meter. Gua Reed Flute memiliki stalaktit dan stalagmit yang juga tak kalah cantik.

Penambahan lampu berwarna merah, biru, dan hijau juga semakin menambah kecantikan. Di dalam gua ini juga ada sebuah danau cantik yang tenang dan jernih.

Leave a Reply