5 Virus Komputer Aneh Yang Pernah Menggemparkan Dunia

Virus komputer kerap menyerang dunia layaknya wabah penyakit. Virus umumnya menyerang sistem tertentu yang sangat merugikan. Hal merugikan itu meliputi bisa berupa pencurian file ataupun akses secara ilegal.

Namun ada juga virus komputer tertentu yang tidak menyebabkan kedua hal tersebut. Virus tersebut malah hanya melakukan hal nyeleneh yang tidak terlalu merugikan. Bisa dikatakan pembuat virusnya hanya ingin iseng tanpa memberikan dampak merusak.

1. The Ika-Tako Virus

Sumber foto: techinasia.com Virus ini menyebar pertama kali pada tahun 2010 di salah satu website sharing Jepang. Berdasarkan Asahi.com, The Ika-Tako Virus telah menginfeksi 20.000-50.000 komputer. Komputer yang terkena virus ini akan membuat seluruh icon program berubah menjadi gambar gurita. Masato Nakatsuji, selaku pembuat virus telah ditangkap kepolisian jepang. Masato menjelaskan alasan dia menciptakan ini hanya untuk menguji seberapa jauh perkembangan kemampuan pemogramannya.

2. The Implant Virus

Sumber foto: youtube.com Virus ini sepertinya tidak merugikan kaum adam (if you know what i mean). The Implant Virus diciptakan oleh Griyo, salah satu anggota 29A. Bagi kamu yang belum tahu 29A itu apa, 29A adalah grup penyebar virus tahun 90-an yang dikenal dengan virusnya yang unik. The Implant Virus akan menampilkan foto wanita seksi pada komputer yang kala itu menggunakan sistem operasi DOS.

3. The Stone Virus

Sumber foto: wikipedia.org The Stone Virus menyebar pada tahun 1987 menggunakan disket. Sama seperti The Implant Virus, virus ini juga tidak memberikan kerusakan pada komputer. The Stone Virus hanya melakukan pop up paksa dengan pesan “Your PC is now Stoned!”

4. THE HAPPY99 VIRUS

Sumber foto: wikipedia.org THE HAPPY99 VIRUS menyebar pada awal januari tahun 1999 melalui email. Ketika THE HAPPY99 VIRUS menginfeksi komputer, virus akan menyusup ke lampiran file pada saat akan mengirim email. Hal ini tentu menyebabkan penyebaran virus menjadi lebih luas. Meskipun begitu, THE HAPPY99 VIRUS hanya menampilkan animasi kembang api dilengkapi dengan sound effect

5. Creeper

Sumber foto: prof-pangaea.tumblr.com Creeper diciptakan pada tahun 1971 yang dikenal sebagai virus komputer pertama.Virus ini akan menampilkan pesan “I’m the creeper, catch me if you can!” Tampaknya pencipta virus ini kurang diperhatikan di kehidupannya.

Leave a Reply