5 Tips Dalam Melakukan Belanja Online, Biar Gak Boros!

Belanja Online

Saat ini perkembangan teknologi membuat segala pekerjaan menjadi mudah dan cepat. Bahkan hanya dengan mengandalkan perangkat-perangkat canggih, kamu bisa melakukan banyak kegiatan. Salah satunya ialah belanja online.

Saat ini belanja online sudah bukan hal yang tabu, banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan barang-barang kebutuhannya dengan mudah dan cepat. Bahkan, dengan berbelanja online, kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dan pastinya lebih menguntungkan.

Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja offline. Karena banyaknya keuntungan tersebut, terkadang malah membuat banyak orang yang kalap dan akhirnya tidak dapat membatasi diri saat berbelanja online.

Jika diteruskan, tentu saja membuat pengeluaran semakin membengkak dan akhirnya malah membuat kamu menjadi boros. Untuk itu, berikut ini ada trik jitu agar kamu tidak kalap ketika belanja online:

1. Cari Tahu Lebih Dahulu

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang, akan lebih baik jika kamu mencari tahu terlebih. Apakah toko online yang menjual barang yang kamu inginkan benar-benar menjual produk-produk yang asli atau tidak. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan dengan toko online lainnya dengan produk yang sama.

Perhatikan pula testimoni dari konsumen-konsumen sebelumnya sehingga kamu dapat mengetahui apakah toko tersebut dapat terpercaya atau tidak.

2. Cari Promo yang Tersedia

Di situs-situs online biasanya tersedia sejumlah promo yang menarik dengan mencamtukan kode promo. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan promo-promo tersebut untuk mendapatkan harga yang murah.

Selain itu, toko-toko online juga akan memberikan diskon yang berbeda-beda yang tentu saja menguntungkan. Kamu perlu cermat dan teliti sebelum membeli. Lakukan terlebih dahulu perbandingan sehingga kamu bisa mendapatkan barang yang murah dan sesuai dengan yang diinginkan. (Baca Juga: Liburan Berkesan dan Murah untuk Para Kpopers Sejati)

3. Lihat Rating dan Review Penjual

Saat kamu membeli barang, jangan abaikan review dan rating dari toko online tersebut. Cara ini cukup efektif karena akan membuat kamu tidak tergesa-gesa ketika membeli barang. Bahkan, kamu juga dapat mempertimbangkan sekali lagi sebelum membeli barang tersebut.

Selain itu, cara ini juga bisa membuat kamu terhindar dari kemungkinan mendapatkan barang-barang yang tidak sesuai dengan keinginan.

4. Tak Ada Salahnya untuk Manfaatkan Cicilan

Memanfaatkan cicilan untuk belanja online ada untungnya. Selain tidak perlu mengeluarkan uang tunai dalam jumlah besar, hal ini membantu kamu untuk mengatur keuangan agar tetap sehat.

Kalau kamu menggunakan kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan fitur cicilan yang disediakan. Untungnya, menggunakan kartu kredit untuk ambil cicilan tidak membebani kamu dengan bunga alias bunga yang diberlakukan 0 persen.

Di samping menawarkan bunga 0 persen, beberapa kartu kredit juga menawarkan keuntungan lain, seperti diskon, cashback, ataupun reward. Tentunya hal ini memberi keuntungan bagi kamu bukan jika menggunakan kartu kredit?

5. Belanjalah sesuai dengan Budget yang Sudah Diatur

Jangan memaksakan diri membeli barang-barang yang sekiranya tidak sesuai dengan budget. Bahkan, hingga membuat kamu harus memangkas pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya penting. Untuk itu, belilah barang-barang yang memang sesuai dengan kemampuan dan isi dompet kamu.

Leave a Reply