5 Tips Ampuh Agar WiFi Kamu Tidak Dibajak Tetangga

Memiliki WiFi pribadi itu ibaratnya naik pesawat kelas eksekutif dengan layanannya yang istimewa. WiFi memang sulit untuk disejajarkan dengan jaringan internet standar milik operator seluler. Kecepatan yang stabil membuat setiap orang mendambakannya.

Karena itu, bukan berita basi kalau ada yang mengeluh bahwa WiFi-nya dibajak orang. Apalagi dengan teknologi yang semakin canggih, di mana nama akun dan password yang tidak diketahui bisa terlihat jelas. Kalau sudah ketahuan username dan kata kunci, tinggal ketik, dapat jaringan WiFi-nya secara gratis.

Tapi tentu saja hal ini sangat melanggar aturan. Belum lagi sang pemilik WiFi yang harus merugi karena haknya dicuri. Jangan sampai saluran WiFi kamu ‘disedot’ orang lain. Lindungi dengan trik-trik di bawah ini.

1. Buka Halaman Pengaturan Router

Biasanya pemilik WiFi hanya tahu memakai layanan internet saja, tanpa mengetahui bagaimana mengakses pengaturannya. Untuk mengatur nirkabel kamu, coba ketikkan “192.168.1.1” / “tplinkwifi.net” ke browser web, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router.

2. Bikin Password yang Susah dan Unik

Setelah sukses masuk ke router, ubah password yang sebelumnya ada di router tersebut. Hal ini dimaksudkan agar akses ke router tersebut 100% milik kamu sendiri. Lebih aman lagi kalau setiap periode waktu tertentu password-nya diubah.

3. Ubah Nama SSID Jaringan

SSID (atau nama jaringan Wi-Fi) dari Wireless Router kadang-kadang memakai nama perangkat. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya ubah nama SSID jaringan untuk mempermudah pemantauan penggunaan jaringan.

4. Aktifkan Enskripsi Jaringan

Agar tidak ada perangkat lain yang menggunakan jaringan WiFi kamu, pastikan sudah mengunci, atau mengaktifkan enkripsi sinyal wireless. Dari beberapa metode enkripsi pengaturan nirkabel, yaitu WEP, WPA, dan WPA 2, yang paling aman adalah yang terakhir, WPA 2.

5. Filter Alamat MAC

Perlu diketahui bahwa setiap gadget elektronik, terutama komputer dan smartphone punya alamat MAC yang unik. Alamat ini kemudian didaftarakan pada perangkat router. Setiap alamat yang terdaftar akan mendapatkan akses WiFi, sementara yang tidak terdaftar tidak akan tersambung dengan router.

Leave a Reply