5 Penemu Ini Tidak Mendapatkan Royalti, Termasuk Fidget Spinner!

Nyatanya kerja keras pun tidak selalu membuahkan hasil, seperti yang dialami oleh beberapa penemu teknologi di bawah. Mereka bukannya mendapatkan royalti dan menjadi kaya dari hasil penemuan tersebut, namun sayangnya malah justru sebaliknya.

Tentu saja ada alasan tertentu yang membuat mereka tidak dapat menikmati hasil kerja kerasnya. Seperti yang dialami oleh penemu mainan Fidget Spinner, seharusnya dia mendapatkan royalti namun dikarenakan alasan tertentu dia tidak mendapatkannya. Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung simak ulasannya dibawah ini.

1. Catherine Hettinger – Penemu Fidget Spinner

Catherine Hettinger – Penemu Fidget SpinnerPasti kenal kan sama mainan Fidget Spinner ini? Mainan ini pada awalnya diciptakan oleh seseorang bernama Catherine Hettinger pada tahun 1996, dahulu mungkin belum terlihat menarik di mata seseorang, karena bentuk awal dari Fidget Spinner ini terlihat sangat sederhana tidak sebagus sekarang, dan tidak se-booming saat ini.

Hal ini membuat Catherine Hettinger tidak mampu memperpanjang sebuah biaya hak cipta nya yang bernilai 400 USD di tahun 2005. Di sini lah hak paten Catherine Hettinger hilang. Menyedihkan banget ya, karena melihat akhir-akhir ini mainan Fidget Spinner sedang sangat meledak dan sudah dikenal banyak orang.

2. Douglas Engelbart – Penemu Mouse

Douglas Engelbart – Penemu MouseYang ke mdua adalah sang penemu Mouse komputer yaitu bernama Douglas Engelbart. Ia juga tidak mendapat royalti dari hasil temuannya, terdengar sangat mengejutkan karena yang pasti Douglas Engelbart sudah mengeluarkan banyak sekali modal untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa ini. Tapi nggak usah kecewa dulu guys karena ternyata dia bukan tidak diberi royalti melainkan karena keinginan dia sendiri.

Mouse komputer ini mulai dikembangkan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1961, dan pada tahun 1968 ia mulai meluncurkan tentang ciptaan ini, ia mengatakan kapada publik betapa bergunanya alat ini untuk mempermudah pengoperasian perangkat komputer. Sejak saat itu mouse komputer menjadi sesuatu yang sangat berguna di mata masyarakat, karena memberi kemudahan dalam pengoperasian.

Sayang banget ya Douglas Engelbart nggak dapet royalti sama hasil penemuannya. Alasan mengapa ia tidak menginginkannya karena ia sudah merasa sangat bangga atas penemuannya yang bisa membantu semua orang di seluruh dunia.

3. Nick Holonyak – Penemu Lampu LED

Nick Holonyak – Penemu Lampu LEDYang ketiga ini merupakan sang penemu lampu LED yakni bernama Nick Holonyak, meski nggak dapet royalti namun tetap bikin bangga. Nick Holonyak mulai merancang teknologi ini pada tahun 1962, dia berpikir ingin membuat hal-hal baru, dan di sini tercipta lah lampu LED. Pada awalnya karya Nick Holonyak ini memang sempat di ejek dan dianggap tidak berguna.

Namun ternyata inovasi ini berhasil dengan baik hingga saat ini sudah sangat mendunia. Dan sudah terbukti saat ini lampu LED sudah menjadi kebutuhan di seluruh dunia. Semua ini berkat kerja keras Nick Holonyak yang sangat luar biasa.

4. Tim Berners Lee – Penemu World Wide Web

Tim Berners Lee – Penemu World Wide WebYang keempat adalah penemu World Wide Web atau yang biasa kita sebut www. Ketika kita ingin mengakses mengakses sebuah situs pastinya kita akan menemui www pada nama domain, meskipun tidak semua situs menggunakan alamat www ini. Semua berawal dari otak Tim Berners Lee sang penemu konsep ini. Pada tahun 1989 saat itu tidak semua orang dapat mengakses internet dan hanya sebagian orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya.

Tim Berners Lee berpikir bahwa internet sudah seharusnya dimanfaatkan sebagai gudang informasi, yang pastinya juga gratis dan dapat dilakukan secara tidak terbatas sehingga akan mempermudah manusia untuk saling berbagi informasi. Di sinilah pada akhirnya Tim Berners Lee dan teman-temannya berhasil menciptakan konsep www

Yang pasti penemuan ini sangat berpengaruh dan memberi manfaat manusia di seluruh dunia. Berawal dari penemuan ini kita-kita semua bisa mengoptimalkan pengunaan internet dengan mudah ya. Pria ini nggak dapet royalti karena keinginan sendiri, ia hanya berfokus kepada manfaat yang terpencar di seluruh dunia, bukan mengambil dari sisi keuntungan. Wah sangat mengharukan sekali ya.

5. Daisuke – Penemu Mesin Karaoke

Daisuke – Penemu Mesin KaraokeKemudian yang terakhir sebut saja Daisuke, ia merupakan sang penemu mesin Karaoke yang juga nggak dapet royalti dari hasil penemuannya. Memang berkesan menyedihkan banget ya. Penemuan ini awal mulanya berawal pada tahun 60, pada saat ini profesi Daisuke adalah seorang drummer yang sering tampil di salah satu bar.

Daisuke berfikir tentang bagaimana cara memainkan musik secara lengkap tanpa perlu tambahan pemain alat musik. Nah disini lah Daisuke menemukan cara pintar yang sangat efektif. Daisuke mulai melakukan rekaman terlebih dahulu pada permaian musiknya, kemudian merancang sebuah mesin karaoke. Kemudian ia mulai meluncurkan ciptaannya dan hasilnya berjalan lancar. Tentu saja karena saat itu masih sangat minim teknologi sehingga berkesan unik di mata masyarakat.

Karena kebanggaan yang diperoleh membuat Daisuke tidak memikirkan hal apapun termasuk hasil dari temuannya, yang ia pikirkan hanyalah manfaat dan kemudahan bagi manusia khususnya para musisi. Pada akhirnya mesin karaoke pertama ini kalah saing dengan ciptaan baru orang lain yang terlihat lebih modern dan canggih.

Leave a Reply