5 Olahan Telur Ini Sedang Hits Di Instagram, Ada Favoritmu?

Olahan Telur

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang selalu ada di dalam dapur. Selain mudah diolah, bahan makanan yang satu ini juga mudah disandingkan dengan bahan makanan yang lain. Tapi, pernahkah kamu merasa bosan saat menyantap telur karena diolah dengan cara yang gitu-gitu saja?

Sebenarnya ada beragam kreasi dalam mengolah telur. Ragam kreasi ini bahkan memiliki cita rasa yang berbeda dengan telur goreng biasa. Agar tidak bosan,Β yukΒ simak lima kreasi olahan telur yang lagi hits di media sosial berikut ini:

1. Sostel (Sosis Telur) Kekinian

Kreasi olahan telur ayam yang satu ini memang tengah hits di Instgaram. Biasanya makanan ini dijajakan di pinggir jalan atau depan sekolah. Dalam mengolahnya pun tidaklah sulit, kamu hanya membutuhkan telur ayam, sosis, sayuran, garam, bumbu penyedap, minyak, dan mesin pemanggang sostel. Nah, setelah bahan sudah lengkap kamu hanya tinggal memasukan semua bahan itu ke dalam mesin pemanggang sostel. Menariknya jika sudah matang, sosis telur akan terangkat dengan sendirinya.

2. Telur Gulung

Kepopuleran telur gulung memang tidak ada matinya. Makanan yang biasa dijajakan di sekolah-sekolah ini, sekarang banyak diburu semua orang. Bahkan sekarang varian telur gulung di pasaran semakin beragam, ada yang dicampurkan dengan bihun, mi, hingga cilok.

Lucunya jika dulu makanan ini dijual dengan harga Rp 5 ratus pertusuk, kini banyak penjual yang membanderolnya dengan harga Rp 2 ribu pertusuk.

3. Papeda Telur

Selanjutnya adalah papeda telur. Makanan yang memiliki nama lain cilung (aci digulung) ini memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan telur gulung fenomenal. Bedanya, jika telur gulung digoreng di dalam minyak yang banyak,Β nah, papeda ini digoreng dengan menggunakan teflon. Tak hanya itu, papeda telur juga dibuat dari campuran telur, adonan tepung sagu, abon, dan bumbu penyedap. Untuk harganya, papeda yang menggunakan telur puyuh biasanya dibanderol Rp 1.000 dan papeda yang menggunakan telur ayam dibanderol Rp 2 ribu per tusuk.

4. Telur Geprek

View this post on Instagram

Pagii.. seru2an hari senin bareng @thegaring.ig .. salkomsel.. . Telor Geprek 1 butir telur 50 gr tepung tapioka 50 gr tepung bumbu instan (sajiku,sasa,kobe,dsb) Garam, merica Secukupnya air Sambal : Cabe rawit 1 siung bawang putih . – Campur bahan tepung, sisihkan 1/4 bagian lalu beri air untuk adonan basah, dan sisanya untuk adonan kering. – Kocok telur, beri garam dan merica bubuk. Lalu buat telur dadar. Tiriskan, lap dg tisue supaya tidak berminyak. – Masukkan telur ke adonan basah, lalu ke adonan kering sambil di tekan2, lakukan 2x lalu goreng. – Uleg sambal, beri garam, boleh ditambahkan terasi jika suka. Lalu beri sedikit minyak panas. – Uleg telur krispy dengan sambal. – Sajikan dengan nasi hangat Met Sarapan.. ☺ #thegaring177 #telurgeprek #alakv2018 #foodoftheday

A post shared by Vina Goestantrina (@goestantrina) on

Tak hanya ayam, varian geprek lain yang tengah viral di media sosial adalah telur geprek. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menggoreng telur dadar krispi setelah itu digeprek dan dicampurkan dengan sambal pedas.

Bagaimana sederhana bukan? Kamu bisa mempraktekan kreasi ini dirumah,Β lho.

3. Tamagoyaki

Telur dadar versi Jepang yang satu ini juga tengah viral di media sosial. Terbuat dari campuran telur, garam, gula, dan susu cari, makanan yang dibuat dengan teflon berbentuk persegi itu digulung secara berlapis-lapis. Tak hanya itu, biasanya tamagoyaki juga dibuat dengan tambahan bumbu lain seperti taburan wijen atau risan daun bawang agar rasanya semakin sedap.

Leave a Reply