5 Hal Ini Yang Membuat Pekerja Kantoran Menjadi Mudah Sakit

Bagi kamu para pekerja kantoran, sering merasa sakit padahal selama ini kamu merasa bahwa kamu termasuk orang yang doyan konsumsi makanan sehat, doyan olahraga, dan memiliki pola hidup yang teratur.

Well, bisa saja penyakit tersebut datang dari kebiasaanmu di kantor. Ya, kantor sendiri sudah terkenal sebagai tempat yang memiliki kualitas udara yang buruk. Nah, ditambah dengan beberapa kebiasaan berikut ini maka kesehatanmu pun jadi terganggu.

1. Makan di meja kerja.

Karena saking sibuknya bekerja, kamu jadi tidak memiliki waktu santai sejenak untuk makan. Padahal kamu butuh mengisi perutmu yang lapar. Solusinya, kamu pun makan di meja kerja. Sebenarnya banyak perusahaan yang memiliki aturan ketat untuk tidak makan di meja karena khawatir karyawan akan menumpahkan potongan atau remah makanan di atas meja yang kemudian mengundang semut, kecoa atau hewan pengerat lainnya. Hewan-hewan ini bisa membawa bakteri seperti salmonella, staphylococcus dan streptococcus yang dapat menyebarkan infeksi penyakit.

2. Tidak mencuci gelas atau mug secara bersih.

Memakai gelas yang sama dan tidak mencucinya dalam jangka waktu lama atau mencuci dengan tidak bersih adalah hal yang buruk. Sebabnya kotoran yang menempel bisa masuk ke tubuh dan kemudian menurunkan kesehatan tubuhmu.

3. Menyimpan camilan di meja kerja.

Sama seperti kekhawatiran akan munculnya serangga karena kebiasaan makan di meja kerja, menyimpan camilan di laci juga akan menimbulkan dampak buruk yang sama. Sebaiknya hindari menyimpan camilan di meja kerja. Atau kalau terpaksa, masukkan ke dalam wadah kedap udara.

4. Tidak menyiram dudukan toilet sebelum menggunakannya.

Jangan lupa untuk menyeka dudukan toilet sebelum kamu menggunakannya. Apalagi jika dudukan toilet tersebut basah. Kursi toilet bisa menjadi sarang patogen seperti E coli yang dapat menyebabkan diare atau gangguan pencernaan lain. Oleh karena itu bersihkan dengan tisu sebelum kamu menggunakan toilet.

5. Pergi bekerja saat kamu sakit.

Jika kamu sedang sakit dan kamu merasa bahwa penyakitmu berpotensi untuk menular, maka sebaiknya ambil cuti atau waktu istirahat terlebih dahulu. Sebabnya udara kantor yang sudah terlanjur buruk akibat sirkulasi udara yang tidak baik akan semakin memburuk ketika bercampur dengan kontaminasi virus penyakit. Para rekan kerjamu pun bisa tertular penyakit yang sedang kamu derita.

Leave a Reply